Wagub Hadiri Penghijauan Pantai Dan Penguatan Ekonomi Masyarakat Pesisir

Sumber Gambar :

"Kegiatan ini bisa menginspirasi masyarakat Indonesia khususnya Banten untuk bisa ikut bersama menanam bibit pohon ataupun ikan dari lingkungan sekitar rumah kita," harap Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy usai dampingiKapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam Penanaman 20 Ribu Bibit Pohon Mangrove Dan Penebaran Satu Juta Benih Ikan di Desa Ketapang, Mauk Kabupaten Tangerang, Jum'at (21/2/2020).

 

Kegiatan bertajuk TNI - Polri Peduli Penghijauan Pantai dan Penguatan Ekonomi Masyarakat Pesisir itu juga dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI Eddy Prbowo, dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, tokoh masyarakat beserta berbagai organisasi kemasyarakatan dan kelompok masyarakat

 

Menteri Kelautan dan Perikanan Eddy Prabowo menyatakan sangat mendukung dengan terselenggaranya kegiatan seperti ini Penanaman mangrove dan penebaran benih ikan memiliki peran penting agar  ekosistem terpelihara. Menjaga kehidupan pantai dan mempengaruhi masyarakat yang lebih luas.

 

"Dengan penanaman mangrove dan penebaran benih ikan ini semoga dapat memberikan semangat dan motivasi kepada kita semua untuk senantiasa bersama- sama menjaga dan menata lingkungan hidup kita guna mewujudkan stabilitas ekosistem alam dan derajat kehidupan sosial masyarakat kita di masa mendatang," ucapnya.

 

Sementara itu Kapolri Jenderal Idham Azis mengatakan kegiatan ini juga dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

 

"Jadi kegiatan yang kita lakukan ini hanya simbolis saja di (Kecamatan) Mauk. Tapi seluruh Indonesia secara serentak TNI-Polri melaksanakan penanaman mangrove sejumlah 360.000 pohon dan penebaran ikan, udang, dan bandeng, nila," jelasnya.

 

"Mudah-mudahan kegiatan ini dapat mengajak masyarakat muda agar lebih peduli terhadap lingkungan," tambah Kapolri.

 

Sementata itu Panglima TNI Marsekal  Hadi Tjahjanto mengajak masyarakat khususnya yang tinggal di pesisir pantai untuk terus menjaga ekosistem bakau dan ikan.

 

"Saya berharap penanaman mangrove dan pelepasan bibit ikan bisa memberi manfaat bagi masyarakat pesisir. Sebab, selama ini pohon mangrove dianggap bisa menahan kenaikan air laut, sehingga meminimalisir kemungkinan banjir." Ucap Panglima TNI

 

Hal senada juga diungkap Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar bahwa Pemerintah Daerah telah menginisiasi program Gerakan Membangun Masyarakat Pantai (GERBANG MAPAN).

 

"Ini merupakan bagian dari Program Gerakan Membangun Masyarakat Pantai dengan harapan selain dapat terjaga keseimbangan ekosistem alam antara pembangunan konvensioal dengan sektor pesisir dan pertanian," jelasnya.

 

Turut hadir: Kepala BNPB Doni Monardo, Kabaharkam Polri Komjen Agus Ardianto, dan Kapolda Banten Irjen Agung Sabar Santoso, Kapolresta Tangerang Kombes Ade Ary Syam Indradi, dan Sekretaris Daerah Kab Tangerang Moch Maesyal Rasyied. (PRESS RELEASE HUMAS PEMPROV BANTEN)


Share this Post