Wagub Banten mempromosikan Seni Budaya Banten kepada Para Dubes di TMII

Sumber Gambar :

Jakarta - Wakil Gubernur Banten H.Andika Hazrumy menghadiri acara Rangkaian Penutup Perayaan HUT Banten ke-19 di Panggung Candi Bentar Taman Mini “Indonesia Indah” (TMII), pada Sabtu malam (09/10/2019). Acara yang digelar oleh Badan Penghubung Daerah Provinsi Banten melalui Sub Bidang Promosi Investasi dan Hubungan Kelembagaan tersebut mengusung tema "Pesona Budaya Banten" dengan mengundang antara lain para Duta Besar dan perwakilan negara Sahabat, beberapa perusahaan asing dan tamu undangan lainnya.

Turut Hadir pula Direktur Utama  TMII Tanribali Lamo, 14 Duta Besar/perwakilan negara sahabat yang hadir, diantaranya Afghanistan, Venezuela, Belarus, Irak, Maroko,  Guinea Bessau, Belanda,  Bosnia, Korea Selatan, Serbia, Palestina, Suriname, Ukraina dan Etiopia serta perusahaan dari China PT CNTIC (China National Trading Internasional Corporation) dan PT. Citec Engineering Indonesia (Sinoma internasional) yang siap berinvestasi di Provinsi Banten.

Acara diawali Wagub Banten dengan mengajak Duta Besar/ Perwakilan negara Sahabat dan para pengusaha untuk menyantap makan malam bersama yang dilanjutkan dengan Ekspos Peluang investasi melalui pemutaran Video dan dialog Interaktif yang digelar di Balai Panjang Museum Indonesia TMII.

Tak Sampai disitu, Wagub Banten mengajak para undangan untuk menyaksikan tampilan Seni Budaya Banten dengan berjalan beriringan menuju Panggung utama melewati lampu obor bambu yang dipasang disetiap sisi jalan menuju Panggung Candi Bentar TMII seakan mengajak para tamu undangan merasakan suasana malam pedesaan.

Tari Zikir Saman menjadi Tarian Pembuka pada Acara tersebut, yang dilanjutkan dengan Penampilan Cilegon Etnic Carnival (CEC) membuat para tamu yang hadir bersorak dengan penampilan kostum etnik para penari yang mewakili keanekaragaman Indonesia. Dipentaskan pula dramatisasi tarian Banten Jawara, Tarian Papua bertema Nusantara untuk Banten dan ditutup dengan Debus yang memukau dengan atraksi-atraksinya.

Tidak Hanya Pentas Seni Budaya, hadir pula stan Produk Unggulan dari Kabupaten/Kota di Provinsi Banten, diantaranya Sirup Belimbing Wuluh, aneka minuman Aren Kula, Kopi Van Banten, kerajinan pahatan kayu, Batik Banten, kerajinan Batik dan tenun Baduy, serta aneka makanan dan minuman lainnya.

Pada kesempatan tersebut, dalam sambutannya, Wagub memberikan garansi atau jaminan untuk semua kegiatan investasi di Provinsi Banten. “Saya selaku wakil gubernur memberikan garansi untuk semua kegiatan investasi di Banten, Banten sangat aman dan sangat aman untuk berinvestasi sesuai dengan slogan bahwa Banten sebagai Pintu Gerbang Investasi di Indonesia” ujarnya.

Wagub akan memberikan kemudahan kepada para investor yang mau menanamkan sahamnya di Banten mulai dari kemudahan perizinan, ketersediaan infrastruktur dan SDM hingga keamanan. Wagub juga menyebut sejumlah potensi bagi para investor yang ingin berinvestiasi di Banten antara lain adalah di bidang pariwisata, industri halal, perindustrian, perkebunan hingga pertanian.

Selesai acara, Wagub Banten mengapresiasi akan terselenggaranya rangkaian penutup perayaan HUT Banten yang diselenggarakan di TMII ini. Badan Penghubung Daerah Provinsi Banten sendiri pun akan terus mempromosikan seni budaya Banten baik dikancah Nasional maupun Internasional. Selain itu Badan Penghubung akan terus manjaga Komunikasi yang sudah terjalin antara beberapa kedutaan/ perwakilan negara dan menindaklanjuti para investor yang akan berinvestasi di Provinsi Banten.

 

 


Share this Post