Vaksinasi Covid-19 Tahap Satu di Banten Dipercepat, Mulai 14 Januari 2021

Sumber Gambar :

Pemprov Banten mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap satu untuk tenaga medis di Banten.

Semula direncanakan 22 Januari 2021, kini dipercepat menjadi 14 Januari 2021. Perubahan jadwal itu atas arahan langsung dari pemerintah pusat.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, vaksin Sinovac untuk kebutuhan vaksinasi tahap satu di Banten secara bertahap telah sampai Gudang Farmasi Banten, Kota Serang.

Dari jumlah total vaksin tahap satu 81 ribu lebih, jumlah yang sudah diterima sebanyak 14.650 dosis.

"(Vaksinasi) dipercepat, tadinya 22 Januari tapi pusat minta dipercepat, kami kesiapannya 14 Januari," kata Andika saat meninjau vaksin di Gudang Farmasi Banten, Kota Serang, 4 Januari 2021.

Vaksinasi tahap satu dilakukan terhadap tenaga medis. Mereka yang akan jadi sasaran vaksin telah terdata dalam aplikasi yang disiapkan oleh pusat. Akan tetapi tidak semua tenaga kesehatan divaksin.

"Jumlah nakes (tenaga kesehatan) yang akan divaksin 40 ribu, yang tidak memenuhi syarat 4 ribu karena penyakit (penyerta)," ucapnya.

Vaksinasi akan dilaksanakan oleh petugas yang dipilih. Mereka saat ini sedang mengikuti tahapan pelatihan.

Diketahui, vaksin Covid-19 yang dikirim dari Biofarma sudah tiba di Kota Serang Banten pada Ahad 3 Januari 2021. Berdasarkan pantauan Kabar Banten iring-iringan mobil box pengangkut vaksin dikawal ketat aparat kepolisian.

Juru bicara vaksin Covid-19 PT Biofarma Bambang Herianto mengatakan, proses distribusi vaksin Covid-19 dilakukan mulai Ahad 3 Januari 2021 ke-34 provinsi.

Dalam Konferensi Pers Kementerian Kesehatan yang disiarkan melalui kanal Yotube Kementerian Kesehatan RI pada Minggu, 3 Januari 2021, Bambang mengatakan proses distribusi vaksin Covid-19 tidak hanya melibatkan Bio Farma sebagai distributor, tetapi juga seluruh pihak yang terkait dengan program vaksinasi Covid-19.***

Sumber : Kabar Banten


Share this Post