Stadion Banten Bakal Dilengkapi Mal dan Hotel

Sumber Gambar :

SERANG – Adanya Banten International Stadium (BIS) di Kecamatan Curug, Kota Serang dinilai bakal meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Pemprov Banten telah menyiapkan lahan di dekat BIS untuk pembangunan hotel dan mal.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, nantinya daerah tersebut bisa menjadi kota olahraga dan pendidikan karena dekat juga dengan kampus Untirta dan Universitas Islam Negeri SMH Banten. “Pembangunan BIS ditargetkan selesai pada 26 Maret,” ujar gubernur yang akrab disapa WH ini, kemarin.

Nantinya, kata WH, peresmian digelar dengan acara sederhana dan menarik. Meskipun belum rampung, tapi ada beberapa klub sepakbola yang menyatakan minatnya untuk menjadikan BIS sebagai markasnya (home base). BIS yang dibangun dengan standar internasional dengan lapangan bola berstandar FIFA itu kini diminati oleh tiga klub sepakbola untuk dijadikan markasnya, yakni RANS Cilegon FC, Dewa United, dan Bhayangkara FC.

Kata dia, saat ini sedang beauty ccontest atau praktik pemilihan mitra untuk mendapatkan calon mitra (partner) perusahaan yang siap mengelola.

Terpisah, Plt Sekretaris Daerah Provinsi Banten Muhtarom mengungkapkan, Pemprov Banten tengah mempersiapkan rangkaian acara peresmian BIS yang melibatkan masyarakat Banten. Ke depan BIS diharapkan mampu menarik investor dan turut menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi Banten.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Banten M Rahmat Roegianto mengatakan, progres pembangunan BIS pada 2 Januari sudah mencapai 88,745 persen dari rencana 86,912 persen.

Kata dia, pembangunan BIS akan dilanjutkan tahun ini. Anggaran yang disiapkan untuk melanjutkan pembangunan stadion itu sebesar Rp256 miliar. “Ada beberapa yang dibangun. Salah satunya untuk atap dan finishing. Targetnya selesai Maret nanti,” ujar Rahmat.

Sumber : Radar Banten


Share this Post