Seluruh Daerah di Banten dapat Penghargaan KLA

Sumber Gambar :

Wakil Gubernur Andika Hazrumy (empat dari kiri), Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi (dua kiri), Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah (tengah), Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin (empat kanan), Walikota Cilegon Edi Ariadi (tiga dari kanan), dan perwakilan daerah lain di Banten menunjukkan piala penghargaan Kota Layak Anak 2019 di Kota Makassar, tadi malam.

SERANG – Delapan kabupaten/kota di Banten mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak (KLA) 2019. Tak hanya itu, Provinsi Banten juga mendapatkan penghargaan KLA untuk tingkat provinsi. Penghargaan itu diberikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yembise di Kota Makassar, tadi malam.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten Sitti Ma’ani Nina mengatakan, sesuai dengan visi misi Gubernur Banten dan Wakil Gubernur Banten, pemenuhan hak anak harus ditingkatkan. “Perlindungan anak juga terus kami tingkatkan,” ujar Nina melalui telepon seluler, Selasa (23/7).

Nina menguraikan, jumlah kabupaten kota yang mendapatkan penghargaan KLA terus meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan data yang dimiliki, penghargaan pertama diraih Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada 2016 untuk kategori pratama. Tahun berikutnya yakni 2017, ada tiga kabupaten kota yang meraih penghargaan yang sama untuk kategori pratama yaitu Kota Tangsel, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang. “Tahun 2018 bertambah menjadi lima daerah,” ujar Nina.

Disebutkan, Kota Tangsel dan Kabupaten Tangerang naik dari kategori pratama menjadi madya, sedangkan tiga daerah lain yakni Kota Tangerang, Kota Cilegon, dan Kota Serang masuk dalam kategori pratama. Tahun ini, ke delapan kabupaten kota dan Provinsi Banten meraih penghargaan yang diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang memiliki perhatian terhadap perkembangan anak di wilayahnya.

Nina mengaku tahun ini memang merupakan kali pertama Provinsi Banten meraih penghargaan tersebut sebagai pelopor provinsi layak anak (Provila). Selain Banten, tiga provinsi lain yang masuk dalam kategori Provila yakni DKI Jakarta, DI Jogjakarta, dan Kepulauan Riau. Kabupaten Lebak yang merupakan bagian dari Banten juga meraih penghargaan sebagai Pembina Forum Anak Terbaik dan Puskesmas Ramah Anak Terbaik diraih Kota Tangerang. “Alhamdulillah ini adalah kerja keras kita bersama untuk memenuhi hak anak dan melindungi anak,” ujarnya. Kata dia, anak yang merupakan investasi masa depan sesuai dengan sustainable development goals (SDGs) merupakan penerus bangsa.

Nina menerangkan, ada beberapa kebijakan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten yang berpihak terhadap hak anak antara lain terkait pendidikan gratis, kesehatan gratis, penambahan ruang belajar, infrastruktur, ruang terbuka hijau yang ramah anak, ruang bermain anak, dan sebagainya. “Dan bersama-sama dengan kabupaten/kota, tercipta sekolah ramah anak serta puskesmas ramah anak,” tuturnya.

Tadi malam, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy berkesempatan menerima penghargaan langsung dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yembise di Kota Makasar. Selain Andika terlihat hadir juga Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin, dan Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi.

Sumber : https://www.radarbanten.co.id/seluruh-daerah-di-banten-dapat-penghargaan-kla/


Share this Post