Rumah Budaya Kota Tangerang Jadi Destinasi Wisata Baru

Sumber Gambar :

TANGERANG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang meresmikan rumah budaya Betawi Udik di Jalan Raden Saleh, Kecamatan Karang Tengah.

Hadirnya rumah budaya tak hanya untuk melestarikan kebudayaan Kota Tangerang, namun para pengunjung yang datang diharapkan dapat mempelajari kesenian Betawi seperti silat beksi dan belajar membuat kopi khas Kota Tangerang secara langsung di kedai Harum Manis.

Kepala Disbudpar Kota Tangerang, Rina Hernaningsih mengatakan, Pemkot Tangerang menyambut baik kehadiran rumah budaya yang juga mirip dengan kampung budaya. ”Ke depan pembinaan nanti dari kami. Bahkan kalau ada kegiatan festival budaya dan lainnya akan dilibatkan juga,” ujarnya belum lama ini.

Ditambahkan, Rina juga mengapresiasi masyarakat yang peduli akan kelestarian budaya di Kota Tangerang. Dia berharap setiap kecamatan memiliki rumah budaya yang dapat menampung berbagai kearifan lokal di kota multietnis ini.

Selain di Kecamatan Karang Tengah, Rina menyebutkan di beberapa wilayah juga terdapat rumah budaya. Di antaranya di Belendung, Cimone dan Karang Tengah.

Camat Karang Tengah, Matrobin mengungkapkan, akan menjadikan rumah budaya sebagai destinasi wisata baru. Bahkan pihaknya berencana memasang papan nama dan papan petunjuk arah untuk memudahkan masyarakat sampai ke lokasi. ”Kami upayakan semaksimal mungkin agar lokasi ini dapat menjadi destinasti wisata,” ungkapnya.

Sementara itu, Pembina Komunitas Seni Budaya Betawi (KSBB) Hartoto menuturkan, dengan diresmikannya rumah budaya dapat menjaga kelestarian budaya masyarakat Karang Tengah di tengah gempuran budaya asing. ”Bicara budaya berarti bicara tentang agama, tata krama, jadi jangan hanya mengingat gadget saja. Latar belakang budaya lokal sebagai kearifan harus dilestarikan,” ungkapnya.

Sumber : https://www.radarbanten.co.id/rumah-budaya-kota-tangerang-jadi-destinasi-wisata-baru/


Share this Post