Pj Ketua Dekranasda Provinsi Banten Tine Al Muktabar Hadiri Rakernas Dekranas 2024

Sumber Gambar : Biro Administrasi Pimpinan dan Protokol Setda Provinsi Banten

Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Banten, Tine Al Muktabar didampingi Ketua Harian Babar Suharso menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Tahun 2024 di Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia, Jl Kebon Sirih Raya, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Penyelenggaraan Rakernas dibuka dan dipimpin langsung oleh Ketua Umum Dekranas Pusat Wury Ma'ruf Amin. Rakernas dihadiri oleh seluruh Ketua Dekranasda Provinsi se-Indonesia secara tatap muka dan Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota se-Indonesia secara virtual.

Rakernas mengusung tema 'Pengrajin Muda Lestarikan Warisan Budaya Bangsa' yang secara garis besar membahas evaluasi program kerja tahun 2024 dan rencana program kerja tahun 2025.

"Program kerja kita tahun 2025, harus membuat kurasi-kurasi pada dua aspek yaitu kriya dan wastra yang dikhususkan untuk perajin muda," ucap Tine.

"Melalui kurasi-kurasi itu kita dapat mengangkat perajin ke level nasional sehingga produk dan perajinnya bisa menjadi peningkatan daya saing ekspor," sambungnya.

Ditambahkan Tine, generasi muda dan pengrajin muda menjadi target sasaran karena berpotensi dapat melestarikan budaya bangsa.

Oleh karena itu, pada Rakernas 2024 ini diamanatkan oleh Ketua Umum Dekranas Pusat Wury Ma'ruf Amin dan Ketua Harian Dekranas Pusat Tri Tito Karnavian untuk dapat membimbing dan memotivasi perajin muda mengangkat potensi budaya, tradisi, otentik dan etnik khas daerah sehingga bisa meningkatkan daya saing bangsa di tatanan nasional dan global.

"Melalui Dekranas kita dapat meningkatkan industri kriya dan wastra agar bisa berdaya saing global dan itu bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," terangnya.

"Jadi tugas kita memotivasi, membina dan mendampingi para perajin-perajin muda. Baik itu dalam kriya maupun wastra yang harus mengangkat etnik dan otentik khas Banten sehingga kita memiliki karakter bangsa," tambahnya.

Sementara itu Ketua Harian Dekranasda Provinsi Banten Babar Suharso menyatakan, Dekranasda Provinsi Banten siap menjalankan program kerja dan arahan Dekranas Pusat yang berkelanjutan.

Bukan hanya dari sisi program Dekranas Pusat yang sejalan dengan Dekranasda Provinsi Banten saja, melainkan juga substansi yang menyiapkan generasi penerus kriya dan wastra sehingga Provinsi Banten dapat menjaga jati diri suatu bangsa dan daerah yang dicirikan melalui etnik khas daerah. 

"Generasi muda menjadi target sasaran di tahun 2025. Dekranasda Provinsi Banten akan melakukan kurasi-kurasi wastra dan kriya kekhasan Banten serta mendorong generasi muda untuk menjadi penerus berkelanjutan," pungkasnya.

 


Share this Post