Perlu Solusi Jitu Atasi Masalah Klasik PPDB

Sumber Gambar :

Setiap tahun pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) selalu mengalami kendala teknis yakni server down dan website susah diakses.

Hal itu sudah konsekuensi dari penggunaan pendaftaran PPDB secara online. Pada PPDB tahun 2021, kendala teknis tersebut banyak terjadi di sejumlah daerah.

Untuk mengantisipasi kepanikan pendaftar dan orang tua siswa sejumlah sekolah melakukan langkah antisipasi pendaftaran manual, dan juga memperbaiki sistem jaringan.

Pada pendaftaran PPDB 2021, masih ditemukan terjadi gangguan jaringan, namun  hanya terjadi di beberapa sekolah yang memiliki trafik data tinggi.

Meskipun gangguan server tersebut tidak ada peserta didik yang dirugikan dari sisi data, namun permasalahan klasik yang terjadi tiap tahun tersebut harus menjadi evaluasi agar permasalahan serupa terjadi lagi. Artinya kesiapan PPDB Online harus betul-betul dipersiapkan secara matang, termasuk berbagai opsi jika dalam pelaksanaan mengalami gangguan.

Masyarakat atau pendaftar akan mengetahui langkah-langkah yang ditempuh jika PPDB Online mengalami gangguan teknis tersebut.

Ombudsman Perwakilan Banten sudah mengingatkan Dinas Pendidikan dan Kebudayan Provinsi Banten maupun kabupaten/kota untuk melakukan antisipasi kendala teknis tersebut. Ombudsman menekankan tidak ada pendaftar yang dirugikan akibat adanya kendala teknis tersebut.

PPDB 2021 tingkat SLTP dan SD Negeri menjadi kewenangan pemkab/pemkot sedangkan PPDB tingkat SMA/SMK Negeri menjadi kewenangan provinsi.

Pada PPDB Banten 2021 jenjang SMA dibagi menjadi empat jalur yakni zonasi, prestasi dan afirmasi serta perpindahan orangtua. Jadwal pendaftaran jalur zonasi dimulai 21-23 Juni.

Kemudian pengumuman 27 Juni dan melakukan pendaftaran ulang pada 28-29 Juni 2021. Sedangkan jadwal pendaftaran jalur afirmasi dilakukan pada 30 Juni- 2 Juli.

Kemudian pengumuman dilakukan pada 6 Juli dan daftar ulang pada 7-8 Juli 2021. Sedangkan Pendaftaran jalur perpindahan orangtua dilakukan pada 30 Juni-2 Juli dan pengumuman dilakukan pada 6 Juli serta daftar ulang 7-8 Juli 2021.

Sementara pendaftaran jalur prestasi dilakukan pada 30 Juni-4 Juli 2021. Kemudian pengumuman pada 6 Juli dan daftar ulang pada 7-8 Juli 2021.

Dengan adanya empat jalur pendaftaran PPDB ini pemerintah menyediakan banyak alternatif. Oleh karena itu, orang tua siswa sudah harus menentukan mengikuti jalur apa. Hal ini penting agar dalam proses pendaftaran sesuai dengan kondisi siswa. Jadi, tidak semua harus mengikuti jalur zonasi, tetapi bisa memilih empat jalur lainnya.

Masa pendaftaran PPDB sudah berakhir. Namun menyisakan persoalan di PPDB Banten. Ombudsman Perwakilan Banten berdasarkan hasil pengaduan dan jufa klarifikasi dari pihak Dindikbud Banten menyimpulkan adanya maladministrasi dalam PPDB SMA/SMK di Banten.

Temuan Ombudsman ini tentu menjadi hal yang harus diperhatikan pihak Dindikbud Banten maupun dari DPRD Banten sebagai lembaga yang mengawasi pelaksanaan PPDB.

Hasil evaluasi hendaknya tidak dilupakan ketika masa PPDB berakhir tetapi sudah menyusun langkah perbaikan untuk PPDB tahun mendatang. Yakni harus memastikan kesiapan sarana prasarana. SDM, berbagai langkah alternatif dan antisipatif, standar operasional prosedur (SOP) dan berbagai rentang kendali dalam rangka memastikan pelaksanaan PPDB berjalan sesuai dengan rencana.

Publik sudah tidak ingin lagi mengalami berbagai kendala teknis seperti server yang ngadat, panic harus melakukan apa dan sebagainya. Tahun depan sudah harus dirancang berbagai opsi dalam pelaksanaan PPDB sehingga publik merasakan pelayanan yang maksimal.*** (Maksuni, Praktisi Pers)

 


Share this Post