Percepatan Penanganan Stunting, TP PKK Provinsi Banten dan TP PKK Pusat Tinjau Program Pemberian Makanan Tambahan

Sumber Gambar :

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Banten Tine Al Muktabar bersama Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar sambut Rombongan TP PKK Pusat yang dipimpin Niken Tomsi Tohir Meninjau Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk Anak Stunting dan Gizi Buruk di Kelurahan Pagerbatu, Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang, Kamis (14/12/2023). Melalui Dapur PKK, Program PMT di Kelurahan ini menyasar 75 anak stunting dan gizi buruk.

Dalam sambutannya, Tine mengungkapkan bahwa Program PMT melalui Dapur PKK di Kelurahan Pagerbatu berhasil. Dilihat dari perkembangan anak yang semula terdapat 75 anak mengalami gizi buruk dan gizi kurang hingga saat ini seluruhnya mengalami peningkatan berat badan. 

“Secara keseluruhan sudah mengalami gizi baik serta perkembangan itu diperkuat dengan peninjauan langsung ke rumah-rumah masyarakat,” ucapnya.

"Program dari TP PKK Pusat ini sebuah role model yang dijalani hampir 3 bulan. Perkembangannya luar biasa ini adalah kolaborasi giat yang kompak dari seluruh aktivitas kader PKK dan Posyandu," ungkap Tine 

Saat ini, lanjut Tine, TP PKK Provinsi Banten juga fokus mencegah munculnya stunting baru pada masyarakat. TP PKK se Provinsi Banten berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Banten serta bersinergi dengan para kader PKK dan Posyandu dalam memberikan bantuan makanan bergizi, edukasi berkelanjutan, pendampingan dan memonitor Ibu hamil serta menyusui. 

“Untuk menjadikan Provinsi Banten zero stunting dan zero gizi buruk,” ungkapnya.

Dalam kegiatan itu, rombongan melakukan peninjauan bahan makanan, proses pengolahan hingga pengemasan makanan Program PMT di Dapur PKK Kelurahan Pagerbatu. Rombongan juga memastikan makanan Program PMT dari PKK disukai oleh anak-anak dengan pembagian makanan pada anak sasaran di SDN Pagerbatu 2. 

Usai memastikan makanan Program PMT dari Dapur PKK disukai oleh anak-anak sasaran, rombongan juga meninjau pendampingan pemberian makanan ke anak sasaran oleh kader PKK dan Posyandu yang bertugas dari dua (2) keluarga dengan anak stunting atau gizi buruk di kampung Selagunung, Kelurahan Pagerbatu.

Pada kesempatan itu, ibu Siti Mumu memberikan makanan Program PMT dari Dapur PKK kepada putrinya Siti Alfa Nur Amira. Dikatakan, setelah dua bulan mendapatkan Program PMT, berat badan putrinya bertambah. 

"Kami mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada semua yang telah membantu kami masyarakat Pagerbatu. Program ini sangat membantu dan bermanfaat," ucapnya.

Sumber : Bantenprov.go.id  


Share this Post