Pemprov Banten Targetkan Penyaluran Hibah Bantuan Ponpes Selasai Bulan Ini

Sumber Gambar :

SERANG – Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Daerah (Asda) I Setda Pemprov Banten, Samsir  mengungkapkan, penyaluran bantuan hibah untuk pondok pesantren (Ponpes) ditargetkan selesai Juni 2020. Saat ini progres penyaluran sendiri sudah mencapai 70 persen.

Diketahui, pada 2018, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten telah menyalurkan bantuan Ponpes sebesar Rp20 juta untuk 3.122 ponpes di delapan kabupaten/kota.

Sedangkan untuk 2020, pemprov sendiri menaikan anggaran ponpes sebesar Rp10 juta menjadi Rp30 juta yang akan disalurakan kepada 3.926 Ponpes.

“Bantuan pesantren sudah hampir selesai. Sudah berjalan. Tinggal 30 persen lagi, terkendala adminstrasi saja,” kata Samsir, Senin (22/6/2020).

Samsir mengaku, seharusnya penyaluran bantuan Ponpes dapat selesai pada Mei lalu. Namun, dikarenakan adanya kendala administrasi penyelesaian dimundurkan.

“Target sih bulan lima (Mei) harusnya sudah selesai. Tapi ada (kendala) administrasi yang harus dipenuhi. Yang jelas sebelum (APBD) perubahan selesai, bulan ini selesai,” jelasnya.

Menurut Samsir, dengan adanya Undang-undang (UU) terkait pondok pesantren, pemerintah dapat menganggarkan hibah bantuan setiap tahun.

“Kalau sebelum ada aturan kan harus ada jeda, kaya kemarin 2018 dikasih, 2019 nggak bisa. Dan tahun ini kita anggarkan. Tapi setelah adanya UU itu bisa kita kasih setiap tahun. Untuk dana kalau pengalaman kemarin hampir semua (Ponpes) dapat. Kalaupun ada yang tertinggal bisa kita penuhi semuanya,” ujar Samsir.

Kembali dikatakan Samsir, penyaluran hibah Ponpes dilakukan secara non tunai melalui Bank Jabar Banten (BJB).

“Ini sudah berjalan. Sekarang sedang pemeriksaan adminsitrasi. Kalau lengkap langsung ditransfer,” katanya.

Sumber : https://www.bantennews.co.id/pemprov-banten-targetkan-penyaluran-hibah-bantuan-ponpes-selasai-bulan-ini/


Share this Post