Parade Tari Nusantara ke-38, Provinsi Banten Tampilkan Tari Geulang Kasaktenan

Sumber Gambar :

Provinsi Banten mengirimkan tim keseniannya Pada pagelaran Parade Tari Nusantara ke-38 tahun 2019 yang diwakili oleh Sanggar Harum Sari Cikondang dengan membawakan tarian "Geulang Kasaktenan" di Teater Garuda Taman Mini “Indonesia Indah” (TMII) pada Sabtu, (10/08/2019)

Geulang Kasaktenan yang diambil dari bahasa sunda yang berarti “Gelang Sakti” menceritakan asal muasal dari Objek Wisata Pantai Karang Bolong di Provinsi Banten. Provinsi Banten sendiri tampil diurutan ke-18 dari 23 provinsi yang berpartisipasi pada event ini .

Parade Tari Nusantara ke-38 tahun 2019 yang bertema “Legenda Objek Wisata Daerah” dibuka oleh Plh Penelitian, Pengembangan dan Kebudayaan TMII Sigit Goenardjo yang ditandai dengan pemukulan gendang secara simbolis.

Di event ini, seluruh kontingen dari setiap provinsi memperbutkan Piala Bergilir Pemrakarsa Taman Mini “Indonesia Indah”, yang diberikan kepada satu kontingen yang memperoleh penghargaan terbanyak dan atau nilai tertinggi. Kriteria pengamatan atau penilaian meliputi Penataan Tari, Penataan Musik/Iringan, Penataan Rias dan Busana serta  Penampilan dalam Penyajian.

Provinsi Banten meraih penghargaan penyaji unggulan pada Parade Tari Nusantara ke-38 tahun 2019 ini, sedangkan untuk Juara Umum disabet oleh DKI Jakarta  dengan tarian berjudul “jawara syahbandar”, yang menceritakan kesibukan yang terjadi di Pelabuhan Sunda Kelapa.

 


Share this Post