Pameran Cinta Museum, Golok Ratusan Tahun Peninggalan Majapahit Dipamerkan

Sumber Gambar :

SERANG – Sejumlah golok yang berusia ratusan tahun dipamerkan pada acara Gerakan Cinta Museum di Museum Negeri Banten, Kamis (31/10). Selain golok bersejarah, terdapat juga golok-golok yang unik baik dari bilah dan gagangnya diukir seperti kepala hewan serta senjata peninggalan Majapahit. Tak ayal pengunjung pun penasaran untuk memegang dan melihat-lihat koleksi yang dipamerkan.

Menurut Kepala Seksi Penyelenggaraan Seni Budaya UPT Taman Budaya Dinas Pendidikan Provinsi Banten Ucu Viveriawati, pameran yang menampilkan ratusan senjata tajam dari berbagai jenis dan bentuk itu bertujuan untuk mengenalkan benda dan senjata bersejarah khususnya di Banten. “Kebetulan yang sekarang dipamerkan ternyata bukan golok yang kemarin dibuat, tetapi golok-golok masa lalu yang usianya ratusan tahun,” ungkapnya.

Selanjutnya, Ucu juga mengatakan kegiatan edukasi tersebut agar masyarakat luas mengetahui bahwa golok-golok memiliki keunikan masing masing. “Menurut hasil penelitian yang dilakukan dari teman-teman SGI (Seni Golok Indonesia) sudah ditemukan ada 42 (jenis) gagang golok,” jelasnya.

Ucu juga berharap, kegiatan tersebut mampu menarik kunjungan ke museum dan memberikan pemahaman dan pandangan bahwa museum tidak hanya menampilkan benda bersejarah, tetapi juga tempat edukasi.

Sumber : https://www.radarbanten.co.id/pameran-cinta-museum-golok-ratusan-tahun-peninggalan-majapahit-dipamerkan/


Share this Post