Kunjungi Vihara Padumuttara, Pj Gubernur Banten Al Muktabar Apresiasi Pelestarian Budaya

Sumber Gambar : Biro Administrasi Pimpinan dan Protokol Setda Provinsi Banten

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar kunjungi Vihara Padumuttara (Boen Tek Bio) Jl Bhakti Saham No. 14, Kota Tangerang, Sabtu (21/9/2024).

Ia mengapresiasi Prosesi 12 Tahunan Gotong Toapekong YMS Kwan Im Hud Couw Perkumpulan Boen Tek Bio sebagai pelestarian budaya dan warisan budayanya terjaga.

“Menghormati leluhur-leluhur kita sebagai masa kini dan ke depan. Sudah 168 tahun terjaga dengan baik,” ucapnya.

Al Muktabar mengaku sempat berkeliling melihat benda warisan budaya dan bonsai yang masih terjaga dengan baik. Hal tersebut harus tetap dijaga sebagai pengikat kebangsaan.

“Ini merupakan bagian hubungan sosial kemasyarakatan. Tali-tali pengikat ini membangunkan rasa seperasaan. Itu sebagai pengikat yang paling kuat. Budaya merajut dalam satu kesatuan,” jelas Al Muktabar.

Komponen-komponen itu untuk membangun kehidupan masyarakat. Di sekitar sini juga terdapat pasar dan produk-produk UMKM yang menghubungkan siklus kehidupan dan kesejahteraan masyarakat. “Ada kecap dan dodol yang menggerakkan ekonomi kerakyatan,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin menyampaikan terima kasih kepada Pj Gubernur Al Muktabar atas kunjungannya ke Vihara Padumuttara untuk memeriahkan arak-arakan Gotong Toapekong yang dilaksanakan 12 tahun sekali.  

“Terima kasih Pak Gubernur. Tadi kegiatan berlangsung dengan lancar dan meriah penuh keakraban. Banyak juga tokoh- tokoh nasional yang hadir,” ucapnya.

Hal senada juga diucapkan pimpinan Vihara Padumuttara Romo Ruby Santamoko yang mengucapkan terima kasih atas kunjungan Pj Gubernur Banten Al Muktabar. 

“Atas nama Perkumpulan Boen Tek Bio kami ucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur Banten dan Pak Wali Kota Tangerang yang hadir. Menjadi restu kami untuk terus melestarikan warisan budaya. Menjadi indikator keberagaman dan toleransi terus tumbuh di Kota Tangerang, Provinsi Banten,” ucapnya.

 


Share this Post