Kulit Tangkil dari Lebak Ditaksir Pengusaha Rusia

Sumber Gambar :

SERANG – Produk usaha kecil menengah (UKM) Banten tidak bisa dipandang sebelah mata. Kulit tangkil dari Kabupaten Lebak, misalnya, pernah ditaksir Rusia.

Eros, pelaku UKM asal Lebak, mengaku diminta pengusaha dari Moskow, Rusia untuk mengirimkan satu kontainer kulit tangkil ke Rusia setiap bulan. “Waktu itu, teman saya bawa produk saya ke pameran di Rusia tiga tahun lalu. Eh ternyata di sana suka,” ujar Eros saat sesi dialog dengan Gubernur Banten Wahidin Halim di sela-sela pelatihan e-commerce bagi UKM di salah satu hotel di Kota Serang, Selasa (25/6).

Lantaran tak sanggup mencari bahan baku, Eros pun menolak tawaran tersebut. Ia mengaku belum mampu memenuhi tawaran yang sebegitu besar dari luar negeri. Sedangkan, saat ini saja, setiap bulan, ia memproduksi tiga kwintal kulit tangkil. Selain kulit tangkil, ia juga membuat keripik pisang coklat.

Kata dia, salah satu kendala adalah mencari bahan baku kulit tangkil yang musiman. Apalagi, kulit tangkil memang cepat membusuk dan tidak tahan lama. “Kalau lagi banyak ya banyak, tapi kalau tidak ya tidak. Makanya saya tidak iyakan permintaan dari Moskow,” ungkapnya. Kulit tangkil itu diminati karena mampu membuat kulit lebih halus dan awet muda.

Selain persoalan bahan baku, Eros juga mengaku pertokoan kerap menggunakan sistem konsinyasi. “Kami ingin agar perusahaan besar memberi uang muka dulu sebagai modal kami,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Gubernur Banten Wahidin Halim justru mendorong agar para pelaku UKM berani menerima permintaan dari berbagai pihak. Apalagi luar negeri. “Kenapa tidak diiyakan saja. Bagus itu,” tutur pria yang akrab disapa WH ini.

Kata dia, ternyata inovasi produk UKM Banten luar biasa. Bahkan, sampai ada yang diminta produknya satu kontainer setiap bulan ke Moskow. Pelaku UKM yang semakin marak memberikan harapan baru bagi Pemprov Banten. Untuk itu, dilakukan pelatihan e-commerce agar para pelaku UKM juga paham teknologi. “Pemasaran melalui online. Akses kepada dunia bahwa di Banten ada produk-produk yang bisa ditawarkan,” ujarnya. 

Sumber : https://www.radarbanten.co.id/kulit-tangkil-dari-lebak-ditaksir-pengusaha-rusia/


Share this Post