Kesiapan Jalur Wisata Banten pada Libur Nataru

Sumber Gambar :

 Menjelang masa libur Natal 25 Desember 2022 dan tahun baru 2023, pemerintah maupun pihak swasta melakukan persiapan. Terutama mengenai kepastian jalur jalan yang dilewati layak atau dalam kondisi baik dilalui pengendara.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Banten memastikan meskipun pada akses menuju Anyer-Pandeglang di sejumlah titik saat ini masih dalam proses perbaikan, namun begitu DPUPR Banten memastikan hal itu akan segera  rampung sebelum libur Natal.

Selain itu, pihak DPUPR  menempatkan petugas monitoring, di antaranya monitoring tersebut dilakukan pada beberapa akses menuju tempat wisata, seperti jalur simpang Gunungsari-Anyer.

Akses jalan lainnya yang juga dimonitor yakni jalan Palima – Cinangka, dan Mengger – Caringin yang saat ini telah rampung kontruksi betonisasi di Pasar Pari, Pandeglang.

Pihak DPUPR Banten juga sedang melakukan penanganan jalan di beberapa titik yang tersebar di delapan kabupaten/kota yang ada di Provinsi Banten. Seperti Pelebaran jalan Pakupatan-Palima, Copocok Jaya Kota Serang, dan beberapa pembangunan jalan lainnya.

Selain itu, sejumlah jalur wisata saat ini sedang dilakukan pemeliharaan dan perbaikan tersebut adalah jalur menuju kawasan wisata Anyer di Kabupaten Serang yang meliputi jalur Palima (Kota Serang) – Pasar Teneng (Kabupaten Serang), dan simpang prapatan Gunung Sari (Kabupaten Serang).

Berikutnya jalur Mengger- Mandalawangi-Caringin di Kabupaten Pandeglang di mana di jalur tersebut juga terdapat banyak destinasi wisata seperti Pantai Carita dan Labuan serta destinasi pegunungan di Mandalawangi yakni Gunung Karang, Gunung Pulosari dan Gunung Asepan. Jalur Mengger sendiri merupakan akses menuju destinasi wisata pantai Tanjung Lesung, Sawarna dan sekitarnya, dari arah Kota Pandeglang (Kabar Banten, 13 Desember 2022).

Sementara pihak swasta yakni pengelola Tol Tangerang–Merak, ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak, berjanji akan menyetop semua pekerjaan konstruksi perbaikan maupun pembangunan di ruas jalan tol miliknya menjelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 ini. Penyetopan pengerjaan jalan ini karena diprediksi akan terjadinya peningkatan arus lalu lintas pada masa libur nataru tersebut.

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak memprediksi trafik Nataru tahun ini rata-rata sekitar 164.274 kendaraan yang akan melintasi ruas jalan tol Tangerang-Merak, atau naik 3,81% dari tahun sebelumnya.

Dalam keterangan pers, Selasa (13/12/2022), Kepala Divisi Operasi dan Pemeliharaan ASTRA Tol Tamer Samsul mengatakan Astra Tol Tamer berjanji akan melakukan optimalisasi layanan transaksi melalui penambahan Gardu Tandem, Mobile Reader dan penambahan petugas di Gerbang tol Merak dan gerbang-gerbang jalur wisata seperti Gerbang Tol Serang Timur, Serang Barat dan Cilegon Timur.

Selain pada layanan transaksi, Samsul juga menjelaskan pada layanan pemeliharaan dan konstruksi Astra Tol Tangerang–Merak akan mengoptimalkan semua lajur, baik arah Merak maupun Jakarta, sehingga dipastikan tidak ada kegiatan konstruksi yang akan berlangsung di jalur.

Pemerintah maupun swasta diharapkan mempersiapkan jalur Nataru dalam kondisi baik, sehingga masyarakat mudik maupun bisa berlibur dengan nyaman. Infrastruktur jalan yang baik juga akan menguransi terjadinya kemacetan. Upaya Astra Toll Road Tangerang-Merak dengan menyetop pengerjaan jalan merupakan langkah tepat.

Dengan waktu 10 hari lagi, DPUPR Banten maupun Astra Infra Toll Tangerang-Merak juga diharapkan terus memonitor dan memastikan jalur yang dilewati pemudik Natal maupun libur Nataru sesuai dengan yang direncanakan.

Pengalaman libur Lebaran maupun Nataru tahun 2022 lalu menjadi hal yang bermanfaat untuk kesiapan libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Penempatan petugas baik Dishub, DPUPR Banten maupun aparat kepolisian lalu lintas sangat penting dalam mengatur arus pemudik maupun wisatawan. Perhatian lebih harus dilakukan untuk jalur wisata Anyer-Carita yang setiap liburan mengalami lonjakan pengunjung. *** (Maksuni, Praktisi Pers)

 


Share this Post