Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Banten hadiri undangan Rapat FORKAPPSI

Sumber Gambar :

Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Banten Ir.Triasgani Purbasari, MM didampingi Kasubid Promosi Investasi dan Hubungan Kelembagaan menghadiri undangan Rapat Forum Komunikasi Penghubung Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia ( FORKAPPSI) bertempat di Anjungan Jawa Barat TMII Jakarta pada Kamis (25/02/2021).

Rapat yang mengundang seluruh Kepala Badan Penghubung seluruh Indonesia tersebut dibuka oleh Wakil Ketua I FORKAPPSI  yaitu Ibu Juliana A.Maitimu, S. Mn.

Pada Rapat tersebut membahas terkait Pembahasan Jabatan Fungsional sesuai kajian berdasarkan kebutuhan di lingkungan Badan Penghubung; serta Pembahasan rencana vaksinasi Covid-19 untuk ASN Badan Penghubung Seluruh Indonesia di Jakarta.

Terkait Pembahasan Jabatan Fungsional, rapat ini digelar berdasarkan hasil pertemuan pengurus inti FORKAPPSI dengan Direktur Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah Kemendagri pada tanggal 15 Februari 2021 dan rencana Audensi dengan Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Menpan RB.

Berdasarkan hasil pembahasan tersebut diharapkan Struktur Organisasi Badan Penghubung ramping dan sederhana namun memiliki peran dan fungsi strategis di ibukota.

Sebelumnya Tim Kajian sudah mengusulkan Usulan tambahan Jabatan Fungsional, diantaranya : Pengelola Data Investasi; Pengelola Kerjasama Regional; Pengelola Informasi dan Publikasi; Protokol; Pamong Budaya; Penerjemah; Arsiparis dan  beberapa Jabatan di Tata Usaha.

Sedangkan usulan tambahan Jabatan Fungsional dari hasil rapat diantaranya dari  Badan Penghubung Provinsi Gorontalo mengusulkan Pengelola Promosi dan Informasi; serta Pengelola Anjungan. Badan Penghubung Provinsi Sulawesi Selatan mengusulkan Pengelola Asrama Mahasiswa. Badan Penghubung Provinsi Papua Barat mengusulkan Penyediaan Database Potensi Daerah. Badan Penghubung Provinsi Jawa Barat mengusulkan : Pengelola Jaringan Informasi. Hasil usulan pada rapat tersebut akan diusulkan kembali melalui tambahan bahan kajian yang akan diusulkan ke Kemendagri dan Kementerian PAN RB.

Sedangkan untuk Badan Penghubung Provinsi Banten sendiri pada rapat tersebut  mengusulkan tambahan Jabatan Fungsional Pengelola Wisata; dan Pengelola Wisma.

Selain dua usulan tersebut diatas Badan Penghubung Daerah Provinsi Banten melalui Kasubid Promosi Investasi dan Hubungan Kelembagaan menambahkan beberapa inovasi  terkait  Promosi diantaranya dengan mengajak FORKAPPSI untuk kerjasama dengan PT. Angkasa Pura II dengan mempromosikan Seni Budaya dan Produk Unggulan daerahnya masing-masing di Bandara, yang kerjasama tersebut sudah dimulai oleh Badan Penghubung Provinsi Banten dan sudah berjalan dengan baik sampai saat ini.

Terkait Investasi dan Hubungan Kelembagaan beliau juga merencanakan untuk Roadshow ke Kementerian dan Lembaga. Rencana  Badan Penghubung akan dilibatkan sebagai korespondensi di Jakarta untuk daerahnya masing-masing serta Keterlibatan Badan Penghubung sebagai fasilitator investor dengan OPD Teknis / kepala Daerah.

Hal tersebut juga didukung oleh BKPM RI setelah Badan Penghubung Daerah Provinsi Banten pada tanggal 22 Februari 2021 berkonsultasi dengan Direktur Promosi Daerah BKPM RI terkait dengan peran dan fungsi Badan Penghubung khususnya bagian Promosi dan Investasi.

Usulan rencana tersebut nantinya akan segera ditindaklanjuti dengan salah satu agenda diantaranya adanya rencana audensi antara pengurus FORKAPPSI, BKPM RI dan PT.Angkasa Pura II.

Selain itu, disampaikannya pula untuk mengusulkan pada Tahun 2022 seluruh Badan Penghubung menganggarkan untuk rencana Kegiatan event Promosi Seni Budaya dan Produk Unggulan Nusantara yang diikuti seluruh anggota FORKAPPSI yang pelaksanaanya akan digelar di Jakarta.


Share this Post