Kampung KB Waru Provinsi Banten Dinobatkan Sebagai Kampung KB Terbaik Nasional 2019

Sumber Gambar :

Ketua Umum Tim Penggerak (TP) PKK, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, membuka ‘Pameran dan Gelar Dagang Harganas 2019’ di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (4/7/2019). Dalam Kegiatan tersebut juga diumumkan Kampung KB Percontohan Nasional Terbaik Tahun 2019.*

BANJARMASIN - Kampung KB Waru Desa Pangkat, Kecamatan Jayanti, Provinsi Banten, dinobatkan sebagai Kampung KB Percontohan Terbaik Tahun 2019. Hal tersebut terungkap dalam kegiatan pembukaan Pameran dan Gelar Dagang dalam rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis (4/7/2019).

Pencanangan program Kampung KB dalam rangka menyukseskan program Nawacita ke-3 dan ke-5 yakni ‘Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan Desa dalam Kerangka Negara Kesatuan, dan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK)’.

Berdasarkan surat Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) nomor 1814/BL.03/G3/2019 tanggal 28 Juni 2019. Tentang Penetapan Kampung KB Percontohan Tingkat Nasional Tahun 2019, Kampung KB Waru Desa Pangkat, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, dinobatkan sebagai Kampung KB Percontohan Terbaik Tahun 2019.

Sebelumnya, Tim verifikasi Lomba Kampung KB Percontohan Tingkat Nasional tahun 2019 yang terdiri dari BKKBN dan lintas sektor, Kamis (20/6/2019) lalu, dengan didampingi Tim BKKBN Provinsi Banten mengunjungi Kampung KB Waru Desa Pangkat, untuk melihat dan menilai dari segi fisik serta melakukan kroscek dokumen-dokumen administrasi.

Kepala BKKBN Provinsi Banten, Drs. Aan Jumhana M.Si menyampaikan bahwa Kampung KB Waru Desa Pangkat, merupakan salah satu contoh sinergitas program pembangunan lintas sektor yang terletak pada lokus terbawah.

“Ini harus terus dibina dan dikembangkan sehingga partisipasi masyarakat akan terus tumbuh dan masyarakat sendirilah yang menjadi pelaku dan penerima manfaat serta menjadi motor penggerak terjadinya perubahan kearah terciptanya kesejahteraan,” ujar Aan.

Sebagai informasi, Kampung KB ‘Waru’ Desa Pangkat, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, menjadi kampung KB terbaik di Provinsi Banten tahun 2018 dan mewakili Provinsi Banten pada perlombaan Kampung KB Nasional 2019.

Desa Pangkat terpilih, karena sangat aktif dalam menjalankan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Desa Pangkat menjadi pelopor Kampung KB dan menjadi salah satu kampung teladan, juga sebagai Kampung KB Percontohan untuk wilayah Kabupaten Tangerang dan Provinsi Banten.

BKKBN Provinsi Banten hingga saat ini telah membentuk sebanyak 314 Kampung KB yang tersebar di 8 kabupaten/kota di Provinsi Banten. Perkembangan penggarapan Kampung KB ini sudah dilakukan evaluasi oleh pihak BPKP dengan didapatkan hasil 86 dari rentang nilai 0-100, atau dikategorikan baik. Namun terdapat catatan untuk dilakukan upaya peningkatan yaitu dalam hal integrasi peran mitra-mitra baik pemerintah maupun swasta dalam menggarap Kampung KB.

Sumber : https://www.kabar-banten.com/kampung-kb-waru-provinsi-banten-dinobatkan-sebagai-kampung-kb-terbaik-nasional-2019/


Share this Post