Jemaah Haji Banten, Madinah dan Peningkatan Pelayanan Tamu Allah

Sumber Gambar :

Gelombang pertama pemberangkatan jemaah haji Banten dimulai Sabtu 4 Juni 2022 dari Kloter 02 JKG Kota Tangerang.

Pelepasan 393 jemaah calon haji Banten dan petuhas Kloter 02 JKG Kota Tangerang dilepas Pj Gubernur Banten Al Muktabar didampingi Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Kepala Kanwil Kemenag Banten H Nanang Fatchurochman di halaman Masjid Al Azhom Kota Tangerang.

Diketahui, sebanyak 393 jemaah calon haji Kloter 02 JKG Kota Tangerang merupakan jemaah haji pertama yang berangkat ke Tanah Suci dari Provinsi Banten.

Diketahui, kuota haji untuk Banten pada musim haji 2022 sebanyak 4.291 orang, terbagi dalam 11 kelompok terbang (kloter).

Para jemaah haji akan didampingi petugas haji yakni Panitia Penyelenggara Ibdah Haji (PPIH) Arab Saudi sebanyak 5 orang, PPIH Kloter 22 orang, Petugas Kesehatan atau Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) sebanyak 22 orang dan petugas haji daerah sebanyak 22 orang serta Pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) sebanyak 6 orang.

Penyelenggaraan musim haji 2022 ini merupakan pertama kali sejak pandemic Covid-19. Berbagai persiapan telah dilakukan baik dari cek kesehatan, administrasi hingga bimbingan manasik haji.

Untuk gelombang I jemaah calon haji akan menginap di hotel di Kota Madinah selama 9 hari. Dalam hal pelayanan jemaah haji, pemerintah terus melakukan perbaikan dalam pelayanan haji, baik penginapan atau hotel, transportasi dan lainnya.

Jemaah calon haji di Kota Madinah akan menjalankan ibadah  salat Arba'in atau arba'un dalam bahasa Arab berarti empat puluh. Yang dimaksud dengan salat arba'in adalah melakukan salat empat puluh waktu di Masjid Nabawi secara berturut-turut dan tidak ketinggalan takbiratul ihram bersama imam.

Para jemaah haji meyakini amalan ini akan membuat mereka terbebas dari api neraka dan sifat kemunafikan. Dasar keyakinan ini adalah sebuah hadits dari Anas bin Malik bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Barang siapa salat di masjidku empat puluh salat tanpa ketinggalan sekali pun, dicatatkan baginya kebebasan dari neraka, keselamatan dari siksaan dan ia bebas dari kemunafikan. (HR. Ahmad).

Selain itu, Kota Madinah juga banyak memiliki keutamaan. Salat di Masjid Nabawi tidaklah seperti salat di masjid lain, Allah telah menyematkan padanya keutamaan yang besar, sebagaimana Allah telah melebihkan sebagian amalan di atas sebagian yang lain. Sebagaimana sabda Nabi SAW dalam hadits riwayat dari sahabat Abu Hurairah, "Satu kali salat di masjidku ini lebih baik dari seribu salat di masjid lain, kecuali Masjidil Haram. (HR. Al-Bukhari).

Hal yang harus jadi perhatian jemaah calon haji yakni cuaca di Arab Saudi dengan kisaran 30-44 derajat celcius. Oleh karena itu, jemaah calon haji agar menjaga kesehatan agar mampu menunaikan ibadah dengan sempurna karena Ibadah Haji bukan hanya ibadah batin tetapi juga ibadah lahir yang memerlukan fisik yang sehat dan kuat untuk dapat melaksanakan serangkaian ibadah haji.

Dalam hal ini pelayanan kesehatan dari petugas haji juga harus siap sedia memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji. Pemerintah terus meningkatkan pelayanan terhadap jemaah haji Indonesia. Antara lain dalam hal transportasi haji, baik sejak keberangkatan, penggunaan Maskapai Garuda Indonesia, penyediaan bus pengangkut jemaah di Arab Saudi, penyediaan hotel yang layak, serta menu makanan sesuai dengan selera masakan Nusantara.

Meskipun tahun 2022 ini jumlah jemaah haji yang diberangkatkan hanya 50 persen dibandingkan sebelum pandemi, namun umat Islam di Indonesia tetap harus bersyukur karena sudah dua tahun musim haji hanya dilakukan warga negara Arab Saudi dan kalangan ekspatriat.

Dengan peningkatan pelayanan haji maka diharapkan kepuasaan jemaah haji akan terus meningkat. Sebagaimana sering ditekankan melayani tamu Allah itu sangat  mulia. Oleh karena itu harus dilakukan dengan ikhlas sehingga jemaah haji Indonesia dalam melaksanakan ibadah haji dengan khusu sesuai dengan tuntunan ajaran Islam.***(Maksuni, Praktisi Pers)


Share this Post