Jelang Libur Nataru, Pj Gubernur Al Muktabar Koordinasikan Kesiapan Pelayanan Optimal Provinsi Banten

Sumber Gambar :

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menegaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten siap dalam mengantisipasi musim libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Mengoptimalkan sinergi dan kolaborasi langkah-langkah teknis para pemangku kepentingan (stakeholder) berdasarkan tugas dan fungsi masing-masing.

Hal itu disampaikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar usai memimpin Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Banten Dalam Rangka Persiapan Hari Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, di Ruang Pendopo, KP3B, Curug, Kota Serang. Kamis (22/12/2022).

Dikatakan, dalam pelaksanaan langkah-langkah teknis yang dilakukan oleh para pemangku kepentingan harus berdasarkan tugas dan fungsi masing-masing.  Sehingga mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal. 

“Persiapan maksimal dan antisipasi tetap kita upayakan bersama dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru ini,” jelas Al Muktabar.

Dijelaskan, untuk melayani masyarakat dalam menyambut Tahun Baru ini di antaranya menciptakan kondusifitas wilayah di berbagai daerah di Povinsi Banten.  Terutama dalam penyediaan jasa, stok atau persediaan barang, jalur alternatif menuju lokasi wisata, hingga kesiapsiagaan bencana.

Sebagai daerah perlintasan atau transit, lanjut Al Muktabar, Pemprov Banten berkoordinasi dengan BUMN khususnya ASDP untuk lalu lintas penyeberangan Jawa-Sumatera.

“Tadi sudah dilaporkan bahwa kesiapan armada penyebrangan ini ditingkatkan dua kali bahkan lebih untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Bahkan kita juga sudah menyiapkan pelabuhan pendukung,” jelasnya. 

Hal itu, lanjutnya, juga didukung dengan hadirnya penjualan tiket yang disediakan di beberapa rest area menuju Merak. Sehingga, para calon penumpang bisa membeli tiket di luar pelabuhan dan mampu meminimalkan kemacetan lalu lintas dan antrian penyeberangan. 

Dalam kesempatan itu, Al Muktabar juga mengajak kepada para pemangku kepentingan/stakeholder untuk mengantisipasi stabilitas harga dan persediaan pangan yang permintaannya cenderung meningkat. Termasuk ketersediaan barang dan energi di daerah lokasi wisata Provinsi Banten.

“Jadi kita berharap dengan stok yang ada semua bisa stabil. Sehingga kita terus bisa mengendalikan inflasi tersebut agar tidak berefek ke yang lebih luas,” ungkapnya. 

Sedangkan dalam mengantisipasi bencana alam yang sulit diprediksi, Al Muktabar menjelaskan Pemprov Banten terus mengkuatkan koordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Terus memonitor update ramalan cuaca untuk disampaikan kepada masyarakat.

Al Muktabar juga mengimbau kepada masyarakat agar bisa kondusif dan damai dalam merayakan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Jadi segenap kita menjaganya. Karena ini adalah kebersamaan kita, hajat kita. Kita bisa saling menjaga dalam menyambut Nataru ini,” pungkasnya.

 Sumber : Biroadpimbanten


Share this Post