HUT TNI ke-75 Pemprov Banten Apresiasi TNI Terkait Penanganan Covid-19

Sumber Gambar :

"Di momentum HUT TNI kali ini, saya mewakili Pemprov Banten, mengucapkan terimakasih kepada TNI yang sudah sangat membantu Pemda dalam penanganan pandemi Covid-19," ungkap Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy usai mengikuti Upacara HUT TNI ke-75 secara virtual dari Pendopo Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Curug, Kota Serang (Senin, 5/9).

 

Turut hadir mengikuti upacara secara virtual dari Pendopo Gubernur Banten tersebut Danrem 064 Maulana Yusuf Brigjen TNI Gumuruh W dan Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar.

 

Dalam menangani pandemi Covid-19, jelas Wagub, saat ini Pemprov Banten telah menerbitkan Peraturan Gubernur Nomor 38 Tahun 2020 yang ditindaklanjuti dengan Pergub Nomor 45 Tahun 2020 tentang Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Dalam Penanganan Pandemi Covid-19.

 

"Alhamulillah kami sangat merasakan dukungan dari TNI di Banten dalam mengimplementasikan Pergub tersebut," ungkapnya.

 

Dikatakan, dukungan TNI dirasakan kaitannya penurunan personil TNI dalam setiap operasi sosialisasi maupun penindakan terkait Pergub tersebut. TNI bersama-sama dengan Polri, dalam hal ini Polda Banten, memberikan seluruh dukungan yang diperlukan, sampai dengan membagi-bagikan masker ke masyarakat juga TNI-Polri sangat membantu.

 

Diakui Wagub, berkat dukungan tersebut Pemda di Banten berhasil meredam penyebaran Covid-19 pada gelombang kedua kali ini terhitung masif. Dibuktikan dengan posisi Banten yang bergeser dari peringkat 13 penyebaran Covid-19 secara nasional, menjadi ke peringkat ke 14.

 

"Ini berkat kerja sama yang baik dari semua pihak. Karena kan kalau kita lihat trennya di seluruh Indonesia, Covid ini kan meningkat tajam di gelombang kedua ini," imbuhnya.

 

"Atas nama Pemprov Banten juga mengucapkan terima kasih dan selamat atas berulang tahunnya TNI yang ke 75. Semoga TNI tetap dapat menjadi andalan bangsa dan negara dalam menjaga kedaulatan NKRI. Semakin kuat, semakin tangguh, serta jaya di darat, di laut dan udara," ungkapnya.

 

Untuk diketahui, Upacara HUT TNI ke-75 dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi), sebagai inspektur upacara. Upacara disiarkan live di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (5/10/2020).

 

Dalam pidatonya, Jokowi mengapresiasi peran TNI selama ini dalam menghadapi pandemi COVID-19. Dari membantu mendisiplinkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan hingga ikut menegakkan aturan di daerah yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

 

Hadir dalam upacara: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi tiga pimpinan matra TNI, yaitu KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, serta pejabat negara lainnya.

 


Share this Post