Hari Veteran Nasional, Pj Gubernur Al Muktabar: Semangat Juang Diwarisi untuk Melanjutkan Cita-cita Bangsa

Sumber Gambar : Biro Administrasi Pimpinan dan Protokol Setda Provinsi Banten

Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar mengatakan generasi muda harus mampu mewarisi semangat juang para pahlawan dan veteran yang telah mengantarkan serta mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Semangat itu sebagai dasar dalam mengisi pasca kemerdekaan.

"Tentu semangat juang yang diwariskan oleh pendahulu kita ini akan dijadikan semangat untuk kita melanjutkan cita-cita bangsa ini," ungkap Al Muktabar usai memperingati Hari Veteran Nasional dan Ramah Tamah Para Perintis Kemerdekaan dalam Rangka HUT Ke-79 RI di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Kamis (15/8/2024).

Dikatakan Al Muktabar, dengan semangat juang tersebut generasi muda mampu menjawab berbagai tantangan yang begitu besar kedepannya.

Sehingga peningkatakan Sumber Daya Manusia (SDM) dan produktivitas generasi muda harus kembangkan.

"Jadi semangat juang itu yang warisi untuk terus mengisi pembangunan," katanya.

Selanjutnya, Al Muktabar juga menuturkan peringatan Hari Veteran Nasional dijadikan sebagai momentum dalam mengenang sebuah sejarah perjuangan para pahlawan dan veteran.

"Tentu sejarah Republik Indonesia ini tidak bisa dipisahkan dari peran Perintis Kemerdekaan dalam hal ini Veteran Indonesia, tentu kita akan mengikuti apa yang menjadi warisan semangat juang yang telah dikobarkan untuk kemerdekaan Indonesia," imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Pemprov Banten menyampaikan tali asih sebagai tanda terima kasih atas jasa para pahlawan kemerdekaan dalam kesempatan itu kepada Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Provinsi Banten.

"Kita juga menyampaikan tali asih kepada Veteran Indonesia dan membagikan bendera kepada Pemuda Panca Marga dan tokoh masyarakat," jelasnya.

Sementara, Ketua Dewan Pimpinan Daerah LVRI Provinsi Banten Letkol Purn Praptono menyampaikan berdasarkan UU Nomor 15 Tahun 2012 tentang Veteran Republik Indonesia mengamanatkan Legiun Veteran untuk menyosialisasikan jiwa semangat 45 kepada generasi muda.

"Sehingga veteran pada era perjuangan 45 s.d 49 mempertahankan dan memperjuangkan kemerdekaan, sedangkan pada era mengisi kemerdekaan Veteran Indonesia tetap berjuang untuk mewarisi nilai-nilai jiwa semangat 45 terhadap generasi muda," ujarnya.

Pihaknya juga mengajak kepada generasi muda untuk menyiapkan diri dalam mengisi pasca kemerdekaan Indonesia dan mampu menjawab berbagai tantangan kedepannya.

"Mari sama-sama generasi muda menyiapkan diri untuk mengisi kemerdekaan, tugas veteran ini memberikan sosialisasi jiwa semangat 45," pungkasnya.

 


Share this Post