Gubernur Banten Apresiasi Predikat Terbaik Kepuasan Pelayanan Publik Polda Banten
Sumber Gambar :Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mengapresiasi kinerja Kapolda Banten, Irjen Pol. Dr. Rudy Heriyanto yang telah berhasil meraih Predikat Terbaik Dalam Dimensi Kepuasan Pelayanan Publik.
“Pemerintah Provinsi Banten
mengapresiasi Bapak Kapolda Banten yang telah memberikan kinerja terbaik dalam
pelayanan publik,” ucap Gubernur WH di sela-sela kunjungan Presiden Joko Widodo
dalam Peresmian Jalan Tol Serang - Panimbang Seksi 1 Serang - Rangkasbitung di
Pintu Tol Rangkasbitung, Kabupaten Lebak (Selasa, 16/11/2021).
Dalam kesempatan itu,
Gubernur WH mengingatkan kembali tentang pentingnya koordinasi dan kolaborasi
yang sinergis antar Forkopimda di Provinsi Banten, terutama dalam pelayanan
publik.
“Terimakasih atas dukungan
optimal Polda Banten terhadap implementasi program kerja Provinsi Banten dalam
bidang pelayanan publik selama ini,” ungkapnya.
Dikatakan pelayanan publik
yang diberikan Kepolisian Daerah Banten sendiri memiliki cakupan yang luas.
Pelayanan tersebut mulai dari pelayanan registrasi pengemudi dan kendaraan
bermotor, pelayanan SKCK, pelayanan laporan Polisi dan laporan kehilangan, pelayanan
ijin keramaian dan beragam pelayanan lainnya.
“Predikat terbaik dalam
kepuasan pelayanan publik yang diraih Polda Banten tentu saja merupakan hasil
kerja keras jajaran Polda Banten untuk melayani masyarakat Banten. Ini juga
menjadi motivasi bagi Pemerintah Daerah agar terus total dan optimal dalam
melayani masyarakat di Banten,” ungkap Gubernur WH.
Sebagai informasi, Posko
Presisi yang dibentuk oleh Mabes Polri secara periodik melakukan evaluasi
terhadap capaian Program Prioritas Kapolri di semua Satuan Kerja (Satker) Mabes
Polri dan juga Polda-Polda jajaran. Posko Presisi Mabes Polri juga menggandeng
lembaga survei Charta Politika Indonesia, untuk melakukan penelitian dan survei
tentang implementasi Program Prioritas Kapolri.
Berdasarkan survei pada
periode Triwulan III Tahun 2021, seperti yang disampaikan Inspektur Pengawasan
Umum (Irwasum) Polri Komjen Pol. Agung Budi Maryoto dalam Analisa dan Evaluasi
(Anev) Capaian Program Prioritas Kapolri Triwulan III pada Senin (15/11) di
Posko Presisi Mabes Polri, Polda Banten mendapatkan Predikat Terbaik Dalam
Dimensi Kepuasan Pelayanan Publik. Polda Banten berhasil meraih indeks nilai
kepuasan masyarakat sebesar 84,3%.
Penilaian pada dimensi ini
terkait dengan kepuasan pada kinerja Polda Banten dalam pelayanan publik,
kepuasan pada kinerja Polda Banten dalam pelayanan online dan delivery service
system serta kepuasan pada kinerja Polda Banten dalam tindak lanjut layanan
hotline 110.
Kegiatan Anev itu juga
diikuti oleh Pejabat Utama Mabes Polri dan seluruh Kapolda melalui virtual
meeting.