Fluktuasi Indeks Demokrasi di Banten

Sumber Gambar :

Potret demokrasi suatu daerah kini sudah bisa diketahui dari Indeks Demokrasi yang disusun Badan Pusat Statistik (BPS). Indeks Demokrasi memotrer tiga aspek yakni aspek kebebasan sipil, hak-hak politik dan lembaga demokrasi.

BPS Banten mencatat, Indeks Demokrasi Banten tahun 2019 masuk kategori sedang dengan angka 72,60 dari skala indeks 0 sampai 100. Angka ini mengalami penurunan dibandingkan Indek Demokrasi Banten 2018 yang capaiannya sebesar 73,78.

Capaian angka Indeks Demokrasi Banten dari tahun 2009 hingga 2019 cukup fluktuatif. Pada awal mula dihitung tahun 2009, capaian Indeks Demokrasi Banten sebesar 67,98. Angka ini terus mengalami perubahan hingga mencapai momen tertingginya pada tahun 2014 sebesar 75,50.

Pihak BPS Banten  menilai fluktuasi angka Indeks Demokrasi menjadi cerminan situasi dinamika demokrasi di Banten. Penurunan nilai Indeks Demokrasi Banten 2019 disumbang aspek kebebasan sipil dan lembaga demokrasi. Nilai aspek kebebasan sipil turun sebesar 2,76 poin dari 86,59 menjadi 83,83.

Data BPS Banten menunjukkan pada tahun 2019 terdapat empat variabel penyusun Indeks Demokrasi Banten yang nilainya naik, lima variabel bernilai tetap dan dua variabel lainnya nilainya turun. Dua variabel tersebut mengalami penurunan yang cukup drastis. Variabel kebebasan berserikat dan berkumpul menurun paling tinggi yaitu sebesar 32,81 poin, dari 100,00 pada 2018 menjadi 67,19 pada 2019.

Sedangkan penurunan yang kedua terjadi pada variabel Pemilu yang bebas dan adil yang turun 20,45 poin dibanding tahun sebelumnya. Disisi lain, empat variabel penyusun Indeks Demokrasi mengalami peningkatan.

Indeks Demokrasi Banten yang dirilis BPS merupakan data yang penting bagi daerah yang dapat dijadikan landasan pengambilan kebijakan dan perumusan strategi yang spesifik dan akurat. 

Diharapkan dengan berdasarkan data empirik, perumusan kebijakan pembangunan demokrasi di Banten akan akurat. Dengan demikian, hasilnya akan ada perbaikan.

Seyogyanya Indeks Demokrasi Banten tidak lagi fluktuatif tetapi terus mengalami peningkatan. Tak kalah penting, angka Indeks Demokrasi Banten juga harus mampu mendorong kualitas demokrasi di Banten lebih baik lagi.

Salah satu indikatornya yakni makin terbukanya akses setiap masyarakat dalam berpartisipasi dalam politik dan muncuknya wakil rakyat yang bisa menjadi penyeimbang pemerintah.

Komponen demokrasi penting didorong pada semua daerah mengingat hal tersebut merupakan syarat dalam mewujudkan daerah yang demokratis. Di era keterbukaan informasi ini, semestinya dijadikan momentum bisa mewujudkan Banten yang demokratis oleh semua pihak, baik pemda, partai politik, maupun elemen lain tokoh agama, masyarakat, akademisi dan pers.

Empat daerah di Provinsi Banten yakni Kota Tangsel, Kota Cilegon, Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang akan menggelar pilkada serentak pada Desember 2020. Oleh karena itu, pemangku kepentingan harus harus mendorong pesta demokrasi sesuai dengan aturan sehingga pillkada terwujud secara jujur, adil, aman dan demokratis.(Maksuni, jurnalis bekerja di Banten)***


Share this Post