Festival Cisadane Masuk dalam Event Kemenpar

Sumber Gambar :

Wakil Walikota Tangerang Sachrudin memantau persiapan pembukaan Festival Cisadane, Kamis (25/7). Foto Alwan/Radar Banten

TANGERANG – Festival Cisadene masuk dalam 100 kalender event Kementerian Pariwisata yang dianjurkan untuk dikunjungi. Melalui event tahunan ini, Pemkot Tangerang ingin menampilkan potensi masyarakat Kota Tangerang ke kancah nasional.

“Banyak sekali potensi yang dimiliki mulai dari UKM, atlet cabang olahraga, kesenian tradisional, seni bermusik dan lainnya. Selain itu juga sebagai hiburan bagi masyarakat Kota Tangerang,” ujar Walikota Tangerang Arief R Wismansyah, kemarin.

Sebelumnya, Presiden Direktur Sari Asih Group itu menjelaskan Festival Cisadane merupakan upaya merawat keberagaman. Juga bentuk apresiasi akulturasi kebudayaan di Kota Tangerang. “Kami ingin merawat dan melestarikan keberagaman budaya yang ada di Kota Tangerang. Sekaligus mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya merawat sungai,” katanya.

Berbeda dengan Festival Peh Cun, Festival Cisadane ini dikemas menjadi event tahunan yang dikolaborasikan dengan kebudayaan-kebudayaan lainnya, seperti Betawi, Sunda dan Jawa yang menjadi akar masyarakat Kota Tangerang.   

“Sejumlah hiburan ditampilkan mulai dari pagelaran budaya daerah, lomba perahu naga, atraksi hoverboard, jet ski, gelar karya Usaha Kecil Menengah (UKM), dan penampilan Nidji dan Kotak,” ungkap Walikota Tangerang dua periode ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang Engkos Zarkasyi menambahkan, festival yang bertujuan untuk menarik wisatawan tersebut akan dimeriahkan oleh lomba dayung perahu naga tingkat internasional dan nasional.

“Pesertanya tak hanya dari Provinsi Banten namun regional bahkan luar negeri, seperti Malaysia, Timor Leste dan Australia,” urainya.

Engkos menambahkan, untuk kali pertama juga disajikan Festival Pencak Silat yang akan diikuti sekitar 18 perguruan dari Jabotabek dengan menampilkan atraksi seni bela diri. “Mudah-mudahan nantinya mendapat animo dari masyarakat dan respon positif sehingga kebudayaan Indonesia juga semakin lestari dan dicintai masyarakat,” pungkasnya.  

Sumber : https://www.radarbanten.co.id/festival-cisadane-masuk-dalam-event-kemenpar/


Share this Post