Buka Senam Kreasi Jambore PKK Tingkat Provinsi Banten, Pj Gubernur Al Muktabar : Ini Sinergi Seni dan Olahraga

Sumber Gambar : Biro Administrasi Pimpinan dan Protokol Setda Provinsi Banten

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar membuka rangkaian Hari Kesatuan Gerak (HKG) dan Jambore Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Banten.

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, di lapangan upacara kantor Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Jumat (23/8/2024).

Adapun rangkaian kegiatan tersebut, meliputi senam kreasi, pameran UP2K, pameran UMKM, perlombaan memasak hingga pergelaran Wastra Banten.

Pada kesempatan itu, Al Muktabar mengapresiasi kegiatan senam kreasi yang digelar Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Provinsi Banten, dimana para peserta menggunakan busana yang dipadukan dengan Wastra Banten hingga ornamen-ornamen yang menarik.

"Ini sebuah kreativitas PKK Provinsi Banten dan PKK Kabupaten/Kota dalam melakukan senam yang dipadukan dengan wastra, tentu ini sebuah sinergi seni dan olahraga," ungkap Al Muktabar.

"Sehingga ini dapat dikatakan berolahraga dengan riang gembira, maka dengan itu terjadi kebugaran tubuh yang baik," sambungnya.

Selanjutnya, Al Muktabar juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga.

"Salah satu langkah preventif pada bidang kesehatan, maka kita bisa mulai dengan berolahraga. Olahraga merupakan bagian dari kehidupan kita, maka kita harus aktif berolahraga," katanya.

Pj Ketua TP-PKK Provinsi Banten, Tine Al Muktabar menuturkan, kegiatan senam kreasi tersebut diikuti oleh kader PKK se-Provinsi Banten.

Bahkan pihaknya juga telah meminta kepada PKK tingkat Kecamatan se-Provinsi Banten untuk membuat dan mempublikasikan senam kreasi.

"Yang hadir pada kesempatan ini adalah para finalis, dan ini juga bagian kita menyemarakkan HUT ke-79 RI dari PKK Provinsi Banten," ujarnya.

Selanjutnya, Tine menyampaikan busana yang dikenakan oleh para peserta senam kreasi memiliki karakteristik dan filosofi tersendiri. Hal itu menjadi salah satu indikator penilaian.

"Selain itu, senam ini juga upaya dalam mempromosikan langkah pencegahan dengan gaya aktif berolahraga dan senam kreasi ini juga bisa digunakan dimana saja, baik di Posyandu dan lainnya," pungkasnya.

Sebagai informasi, pada senam kreasi tersebut diikuti oleh perwakilan Kabupaten Pandeglang yaitu PKK Kecamatan Keroncong, Kota Serang yaitu PKK Kota Serang, Kabupaten Lebak yaitu PKK Kecamatan Bayah, Kota Cilegon yaitu PKK Kota Cilegon, Kota Tangerang yaitu PKK Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang Selatan yaitu PKK Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Serang yaitu PKK Lebak Wangi, dan Kabupaten Tangerang yaitu PKK Kabupaten Tangerang.

 


Share this Post