Banten Juara OSN SMP Nasional

Sumber Gambar :

SERANG - Kontingen Banten berhasil meraih juara umum pada kompetisi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMP, yang dilaksanakan di Yogyakarta. Gelar tersebut didapat dengan menyabet 6 medali, yang terdiri dari 4 emas dan 2 perunggu.

Diketahui, empat medali emas tersebut didapat dari bidang IPA, IPS, dan 2 emas dari Matematika. Peraih emas dari bidang IPA atas nama Christopher Ivan Budiwardhana, dari bidang IPS disumbang Steven Pangdipta. Kemudian dua medali emas dari bidang Matematika, masing-masing disumbangkan oleh Rafael Kristoforus Yanto dan David Shane Goh.

Sementara raihan medali perunggu disumbang dari bidang Matematika melalui Luthfi Bima Putra. Lalu satu perunggu lagi disumbang oleh Juan Christofel Advent Thio dari bidang IPS.

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Banten Ujang Rafiudin mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang berhasil meraih medali.

“Terima kasih atas prestasi yang diraih para siswa dan telah berhasil mengharumkan Provinsi Banten,” kata Ujang saat dihubungi Kabar Banten, Ahad (7/7/2019).

Selain hasil OSN SMP, ia mengatakan, perolehan medali kontingen OSN Banten tingkat pendidikan SD sebanyak 1 emas, 3 perak dan 6 perunggu. Emas yang diraih Banten pada OSN SD tersebut diraih oleh Kalif Kai Permadi dari bidang Matematika dari SDIT Aulady Ciater Serpong.

“Kami sangat bangga atas prestasi yang diraih para peserta ini juga hasil kerja keras guru yang sudah membimbing mereka,” ujarnya.

Ia mengatakan, selain tingkat SD dan SMP, kontingen OSN tingkat SMA Banten juga meraih prestasi yakni di posisi ke 4, dengan raihan 5 emas, 13 perak, dan 15 perunggu dengan total 33. Pada tingkat SMA memperlombakan sembilan bidang sains, yaitu yakni Matematika, Fisika, Kimia, Informatika atau Komputer. Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Bidang Geografi.

“Saya berpesan semua peserta selalu meningkatkan prestasi disemua bidang yang ditekuninya,” katanya.

Sumber : https://www.kabar-banten.com/banten-juara-osn-smp-nasional/


Share this Post