• Monday, 22 July 2019
  • Pantai Gope, Wisata Pantai Termurah di Banten


    Nama Pantai Gope bagi masyarakat Kota Serang dan sekitarnya. Pantai yang berada di Teluk Banten dan kawasan Pelabuhan Perikanan Nasional (PPN) Karangantu, Kasemen tersebut makin diminati wisatawan lokal.

    Lokasi Pantai Gope yang berada di dermaga yang dijadikan tempat selfie para wisatawan. Tidak sekadar pamer pose, saat pengunjung berada di lokasi dapat menikmati keindahan pantai. Aktivitas perahu nelayan yang hilir mudik menambah suasana pengunjung untuk berfoto bersama keluarga.

    Wisata Pantai Gope tersebut dihiasi panorama air laut yang tenang dan bersih. Dan di sekitar lokasi banyak dijumpai tanaman bakau yang hijau. Di sekeliling bibir Pantai Gope ada kawasan hutan Mangrove sebagai penahan bibir pantai dari ancaman abrasi.

    Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Gope sebagaian mengendari sepeda motor dan mobil, tidak jauh dari rut eke kawasan Banten Lama. Jika setelah jembatan warna warni, pengunjung ke Banten Lama belok kiri, maka ke Pantai Gope mengambil jalan lurus menuju ke kawasan Pelabuhan Karangantu.

    Biasanya pengunjung membeludak saat sore pada akhir pekan. Pengunjung sebelum memasuki kawasan PPN Karangatu, wisatawan akan melihat banyak pedagang ikan berjajar di sepanjang jalan, seperti berjualan kerang, kepiting maupun cumi dan berbagai jenis ikan.

    Sebelum memasuki kawasan PPN, pengunjung akan dimintai tarif karcis senilai Rp 1.000 untuk mobil dan Rp 500 untuk motor.

    Khairul, wisatawan lokal menuturkan sebutan Pantai Gope itu berawal dari cerita pengunjung wisata. Setiap wisatawan yang masuk ke lokasi membawa kendaraan akan dipungut biaya sebesar Rp 500 atau gope.

    Pengunjung cukup berjalan kaki sekitar 300 meter menuju bibir Pantai Gope. Mereka yang ingin menaiki perahu cukup mudah karena banyak nelayan yang menawarkan jasa berlayar. Tetapi yang paling diminati yakni panorama pantai yang indah.

    Para wisatawan yang singgah tidak saja menikmati indahnya pemandangan. Tetapi pengunjung yang gemar mancing bisa melampiaskan hobinya di lokasi. Sebab di pantai tersebut terdapat spot-spot untuk aktivitas mancing. Wisata dermaga ini cukup murah di Banten. Banyak juga wisatawan yang memanfaatkan untuk mancing.

    Ternyata, Pantai Gope ini memiliki beragam kekayaan ikannya. Beragam jenis ikan seperti ikan kakacangan, kakap, dan kerapu. Tetapi itu hanya sekadar dipancing dan tidak dijual. Ya, untuk mancing ikan jenis belanak, tidak usah pakai joran dan kail.

    Bagi wisatawan yang hobi kuliner juga bisa menikmati sensasi di pinggir pantai. Namun kuliner yang ada belum ditata secara baik. Sebelumnya pedagang banyak yang berjualan hingga ke bibir pantai. Namun karena membuat suasana semrawut dan sampah berserakan, kemudian pedagang hanya diperbolehkan berjualan hingga batas parkir kendaraan.

    Potensi Pantai Gope sangat menjanjikan. Oleh karena itu, Pemkot Serang harus menata kawasan ini agar lebih menarik dan menjual untuk destinasi wisata. Lokasi yang berada di Kasemen menjadi strategis menjadi paket wisata selain wisata religi Banten Lama dan wisata sejarah Kesultanan Banten. ***

     

    Oleh Maksuni

    Penulis, pemerhati wisata

     


    Tentang Kami


    Statistik Kunjungan