• Monday, 22 July 2019
  • Libur Lebaran, Pariwisata Banten Menggeliat


    Libur Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah membawa dampak bagi kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di Banten yang terkena dampak tsunami pesisir Selat Sunda akhir tahun 2018 lalu. Meskipun belum pulih seperti semula, tetapi peningkatan kunjungan wisatawan di Pantai Anyer-Carita hal yang patut disyukuri.

    Kepadatan terjadi selama beberapa hari pasca-Idulfitri yakni Kamis-Ahad (6-9/6/2019). Kepadatan  menyebabkab kondisi lalu lintas menuju wilayah tersebut pun macet total.

    Untuk mengurai kemacetan, jalan menuju Kecamatan Anyer diberlakukan satu arah. Tumpukan kendaraan yang didominasi oleh mobil pribadi tampak memadati jalur menuju kawasan wisata pantai Anyer. Wisatawan yang datang sebagian dari luar kota dan warga asli. Sehingga kawasan pantai pun tampak dipenuhi oleh wisatawan yang melakukan aktivitas berliburnya.

    Ketua Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Serang Dede Sulaeman menuturkan selama libur Lebaran, Balawista Kabupaten Serang menerjunkan sebanyak 30 orang yang disebar di 5 titik kawasan wisata di Kecamatan Anyer. Adapun 5 titik tersebut yaitu Pantai Jambu, Pantai Karang Suraga, Pantai Batu Saung, Pantai Pasir Putih Florida Indah Anyer dan Pantai Bandulu.

    Menurutnya, meskipun wisata Anyer beberapa bulan lalu diterjang tsunami, namun animo wisatawan sangat luar biasa. Banyak wisatawan dari luar kota berbondong-bondong mendatangi Pantai Anyer untuk berlibur bersama keluarganya. Hingga hari terakhir libur Lebaran pun Pantai Anyer masih padat.

    Kondisi serupa juga terjadi di kawasan wisata Pantai Carita Pandeglang. Momentum libur lebaran tepatnya H+2, jalur wisata menuju Pantai Carita padat merayap. Hal itu disebabkan banyaknya wisatawan yang mengunjungi tempat wisata di kawasan Carita, Pandeglang.

    Berdasarkan pantauan, jalur yang mengalami antrian panjang diantaranya pertigaan Pantai Caringin, dan Tarogong. Petugas memberlakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

    Dua jalur tersebut merupakan titik kemacetan yang dinilai parah, sebab panjang antrian kendaraan mencapai satu kilometer. Sejumlah wisatawan mengaku  dirinya tidak khawatir meski beberapa waktu lalu Pantai Carita terdampak bencana tsunami.

    Menggeliatnya kunjungan wisatawan pada libur Lebaran tahun ini menunjukkan upaya pemerintah dan berbagai pihak sudah cukup berhasil. Oleh karena itu berbagai upaya terus dilakukan agar kunjungan wisatawan bisa pulih kembali. Harus diakui kunjungan wisatawan sebagian besar baru dari wisatawan lokal dan belum banyak wisatawan yang memilih berlibur sembari menginap di hotlel. Kita berharap kondisi ini harus terus mendapat perhatian karena sektor pariwisata terkait juga dengan usaha perhotelan.

    Hal lain yang perlu mendapat perhatian yakni kejadian kecelakaan laut wisatawan yang terjadi di Pantai Anyer dan Pantai Bageduer Lebak. Persoalan keamanan wisatawan juga menjadi bagian dari membangun kembali sektor wisata di Banten. Kita berharap kesadaran wisatawan dalam menaati rambu-rambu saat berenang juga harus tumbuh selain juga kesigapan balawista dan juga aparat dalam penanganan kecelakana laut.***

    Oleh Maksuni

     

    Penulis, Praktisi Pers


    Tentang Kami


    Statistik Kunjungan