• Thursday, 25 April 2019
  • Desa Kadujajar Siap Kembangkan Wisata Curug Dengdeng


    Pemerintah Desa Kadujajar, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak akan mengembangkan destinasi wisata Curug Dengdeng. Rencananya, wisata curug yang memiliki ketinggian 25 meter dan panorama alamnya masih perawan atau murni itu akan dibangun secara bertahap tahun ini dengan biaya dari Dana Desa (DD).

    Kepala Desa (Kades) Kadujajar Kecamatan Malingping, Aan Irawan mengatakan, objek wisata Curug Dengdeng hingga saat ini masih dibiarkan alami. Namun ke depan pemerintah desanya mempunyai rencana untuk mengembangkan aset yang berpotensi ini sebagai andalan pendapatan desa.

    ”Akses jalan ke Curug Dengdeng memang belum memadai. Insya Allah di tahun 2019 ini kami akan mulai mengembangkan curug yang sudah menjadi komitmen pembangunan kami dalam sektor pariwisata,” kata Kades Kadujajar Aan Irawan kepada Kabar Banten, Jumat (4/1/2019).

    Menurut Aan, untuk mengoptimalkan pengembangan destinasi Curug Dengdeng diperlukan dukungan baik dari Pemkab Lebak maupun Provinsi Banten melalui Dinas Pariwisata. ”Sebab kalau hanya mengandalkan anggaran desa, pengembangan curug tersebut sangat tidak mungkin terealisasi dalam waktu 1-3 tahun,” tuturnya.

    Ia menjelaskan, para pengunjung wisata yang akan singgah ke Curug Dengdeng harus menempuh perjalanan tiga kilometer dengan badan jalan belum beraspal. Bahkan beberap satu kilometer jalan kondisi medannya terjal dan penuh tantangan. Pepohonan rindang tumbuh di kanan-kiri seakan membawa setiap pengunjung menikmati rasa sejuk dan terhindar dari teriknya sinar matahari.

    Selain itu, para pengunjung akan merasa terobati dengan pesona alam indah dan suasana menyejukkan saat tiba di lokasi curug. Kondisi Curug Dengdeng tersebut memiliki ketinggian 25 meter dengan debit air yang sangat deras serasa membawa kita terkena hempasan air yang menyegarkan.

    “Kami optimistis rencana pengembangan curug ini bisa terlaksana dengan baik. Kami sangat membutuhkan dukungan pemerintah daerah dan pemerintah provinsi. Jika curug ini sudah menjadi destinasi wisata yang indah tentu akan menambah pendapatan desa. Kami juga yakin kehadiran curug ini akan menjadi sektor pariwisata yang dapat menyejahterakan masyarakat,” ujar Kades Kadujajar.

    Sumber : https://www.kabar-banten.com/desa-kadujajar-siap-kembangkan-wisata-curug-dengdeng/


    Tentang Kami


    Statistik Kunjungan