• Monday, 10 December 2018
  • Hari Pahlawan, Wahidin Halim: KH. Syam’un Harus Jadi Teladan


    Gubernur Banten, Wahidin Halim menabur bunga di Taman Makam Pahlawan Ciceri, Kota Serang, Sabtu (10/11/2018). Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka peringatan hari pahlawan.*

    SERANG- Gubernur Banten, Wahidin Halim merasa bangga atas penetapan Brigjen KH. Syam’un sebagai pahlawan nasional oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, apa yang telah dilakukan pahlawan dari Provinsi Banten dapat menjadi teladan bagi masyarakat Banten.

    “Walaupun mungkin yang kita lakukan sekarang bukan melawan penjajah, tapi kita juga harus melawan kehidupan global yang mungkin dialami oleh generasi milenial sekarang. Jadi, upaya yang sungguh-sungguh harus kita lakukan,” katanya saat memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan Tingkat Provinsi Banten Tahun 2018 yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ciceri Kota Serang, Sabtu (10/11/2018).

    Kebanggaan dirinya atas penetapan tersebut, kata dia, juga menjadi kebanggaan keluarga dan ahli waris dari Brigjen KH. Syam’un. “Yang harus kita teladani dari semangat perjuangannya, kepemimpinannya, keberaniannya, semangat jihadnya untuk membela tanah air Republik Indonesia yang kita cintai,” ujarnya.

    Terkait hari pahlawan, mantan Wali Kota Tangerang itu berharap keteladanan para pahlawan menjadi modal bagi segenap komponen bangsa dalam menjaga, memelihara, dan memperkokoh persatuan dalam membangun negeri. Mengingat, kemerdekaan yang dinikmati hari ini merupakan hasil jerih payah, cucuran keringat dan tetesan air mata, serta tumpahan darah para pahlawan.

    Dihubungi terpisah, Kepala Kanwil Kemenag Banten, H. A. Bazari Syam mengatakan, Brigjen KH. Syam’un merupakan sosok penting yang telah berjasa pada negara. Tidak saja bergerilya berjibaku melawan penjajah, ia aktif mengabdi dengan mendidik anak bangsa.”Kepedulian beliau terhadap pendidikan menjadikan Al-khairiyah sebagai pusat pembinaan anak bangsa, menjadikan beliau pahlawan sepanjang masa,” ucapnya.

    Apa yang telah dilakukan Brigjen KH. Syam’un, menurut dia, patut menjadi teladan bagi warga Banten. Semangat yang ditularkan Brigjen KH. Syam’un dapat dijadikan spirit untuk mengabdikan dari dalam pembangunan umat. “Pahlawan yang darahnya mengalir deras dalam setiap pribadi anak Banten, menjadi spirit kekuatan moral untuk terus mengabdi bagi kepentingan umat,” tuturnya.

    Seperti diketahui, Brigjen KH. Syam’un telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional melalui Keputusan Presiden RI No. 123/TK/2018 tanggal 06 November 2018 yang diserahkan langsung kepada keluarga Brigjen KH. Syam’un oleh Presiden RI Joko Widodo bertempat di Istana Negara Jakarta, Kamis (8/11/2018). 

    Sumber : https://www.kabar-banten.com/hari-pahlawan-wahidin-halim-kh-syamun-harus-jadi-teladan/


    Tentang Kami


    Statistik Kunjungan