• Monday, 10 December 2018
  • Festival Al Azhom 2018 Digelar 18 Hari, Syiarkan Islam Rahmatan lil Alamin


    Pergantian Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah disambut Pemerintah Kota Tangerang dengan menggelar Festival Al Azhom VII di kawasan masjid Al Azhom Kota Tangerang. Festival Al Azhom yang diselenggarakan selama 18 hari, tepatnya sejak 10 September hingga 28 September 2018 akan dimeriahkan berbagai kegiatan yang menyiarkan Islam rahmatan lil alamin. Kelompok musik gambus Sabyan dan penceramah UstadYusuf Mansur (YM) dijadwalkan menyampaikan syiar melalui lagu dan ceramahnya di festival Al A’zhom tahun ini.

    Festival Al Azhom akan dibuka melalui kegiatan doa akhir tahun 1439 Hijriah dan doa awal tahun 1440 Hijriah di masjid Al Azhom dengan dipimpin Ketua MUI Kota Tangerang KH Edi Junaedi pada 10 September 2018. Selanjutnya, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah akan memimpin pawai obor yang diikuti belasan ribu orang. Tabligh akbar menghadirkan penceramah kondang ustad Yusuf Mansur menutup rangkaian kegiatan pembukaan Festival Al Azhom VII.

    Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menyatakan Festival Al Azhom merupakan upaya Pemerintah Kota Tangerang mendukung perkembangan peradaban dan budaya Islam di wilayahnya. Wali Kota berharap penyelenggaraan ini menjadi momentum untuk mempersatukan umat serta menjadi syiar bagi agama Islam yang rahmatan lil alamin.

    “Kami mengajak seluruh warga Kota Tangerang khususnya yang beragama Islam dapat memeriahkan penyelenggaraan Festival Al Azhom karena juga dapat memperkuat ukhuwah islamiyah,” ujar Wali Kota Arief R Wismansyah. Wali Kota Arief R Wismansyah menjelaskan masyarakat memiliki lebih banyak kesempatan untuk mendatangi Festival Al A’zhom 2018. Sebab, penyelenggaraan festival mencapai 18 hari. Sejak 10 September hingga 28 September 2018.

    Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang Dedi Suhada menjelaskan Festival Al Azhom VII juga dimeriahkan berbagai kegiatan. Diantaranya pawai obor 1 Muharram 1440 hijriah, pawai sarungan, lomba marawis dan hadroh tingkat nasional, lomba qosidah dan khotmil qur’an. Tak hanya itu pengunjung Festival Al A’zhom juga dapat menambah ilmu pengetahuan melalui Islamic Book Fair. Dispora juga menyediakan stan untuk pecinta kuliner melalui Kuliner Hijaiyah.

    “Ada juga bazaar dan pasar rakyat bagi yang ingin berbelanja. Kami mengajak masyarakat Kota Tangerang untuk memeriahkan Festival Al A’zhom VII,”ujar Dedi Suhada. Menurut Dedi, puluhan ribu orang akan menghadiri Festival Al Azhom VII. Pada acara pawai obor, kata Dedi, jumlah pesertanya mencapai 15 ribu orang. Pawai obor digelar untuk menyambut datangnya 1 muharram tahun baru Islam 1440 hijriah.

    “Pada acara pembukaan Festival Al Azhom VII akan digelar doa akhir tahun dan doa awal tahun. Setelah itu dilakukan pawai obor. Berikutnya ada tabligh akbar yang menghadirkan ustad Yusuf Mansur. Kami prediksikan untuk pawai obor saja jumlah pesertanya 15 ribu. Belum nanti ada lagi berbagai kegiatan lomba maupun pawai sarungan,”ujar Dedi Suhada.

    Tak hanya itu, Dispora juga menghadirkan dua kelompok musik gambus. Yakni Debu yang dijadwalkan manggung pada 18 September 2018 dan Sabyan. Grup musik Sabyan akan menyiarkan Islam melalui lagu lagunya pada 20 September 2018.
    Festival Al Azhom, kata Dedi, akan menggandeng para pemuda di Kota Tangerang. Festival ini bertujuan untuk meningkatkan iman dan taqwa pemuda dan pemudi di Kota Tangerang.

    “Pemerintah Kota Tangerang menginginkan agar para pemudanya tak hanya kreatif dan juga cerdas namun memiliki keimanan dan ketaqwaan yang kuat. Kami harapkan melalui Festival Al Azhom benteng keimanan pemuda di Kota Tangerang semakin menguat,” imbuh Dedi.

    Sumber : https://www.kabar-banten.com/festival-al-azhom-2018-digelar-18-hari-syiarkan-islam-rahmatan-lil-alamin/


    Tentang Kami


    Statistik Kunjungan