• Tuesday, 16 October 2018
  • Banten Siap Sambut Obor Asian Games


    SERANG – Setelah 60 tahun lamanya, Indonesia termasuk Provinsi Banten akan kembali dilintasi oleh Api Obor Asian Games. Bukan sembarang api, api obor yang disebut sebagai api abadi ini berasal dari sinar matahari India yang diambil langsung di Stadion Nasional Dhyan Chand dengan menggunakan cermin parabola yang diarahkan ke matahari.

    Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten, Deden Apriandhi Hartawan meminta masyarakat Banten untuk memanfaatkan momen langka (perlintasan api obor Asian Games 2018) ini dengan semarak.

    Deden berharap masyarakat nantinya dapat meramaikan perlintasan api obor yang akan dibawa menuju menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno dan dikobarkan sebagai tanda dibukanya rangkaian Asian Games 2018 di Indonesia. “Banten salah satu Provinsi yang ada jalur perlintasan pawai obor api Asian Games. Api obor abadi yang berasal dari India itu akan melintasi Banten sekitar tanggal 9 Agustus 2018,” katanya, Rabu (11/7).

    Deden mengungkapkan, menurut agenda, api obor tersebut akan diarak keliling sejumlah daerah di Provinsi Banten. Mulai dari Merak, masuk ke Kota Cilegon, Kramatwatu di Kabupaten Serang, Tasikaradi, Banten Lama sampai Lopang. “Dari sana kemudian melewati jalur dekat pintu tol Serang Timur, Jalan Ahmad Yani Kota Serang, Alun-alun, museum Banten. Api itu terus nyala dan tidak boleh padam,” ujarnya.

    Sesuai yang telah direncanakan, api obor tersebut akan berada di Provinsi Banten selama dua hari. Kemudian dibawa ke Purwakarta, Jawa Barat. “Kami harapkan masyarakat terutama pelajar SD, SMP dan SMA untuk meramaikan di pinggir jalan menyambut api obor Asian Games,” ucapnya.

    Ia mengatakan, pawai api obor yang diarak melewati Provinsi Banten tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi Provinsi Banten. Terlebih, salah satu daerah Provinsi Banten Banten yakni Kabupaten Tangerang menjadi tuan rumah. “Asian Games ini terakhir dilaksanakan 60 tahun lalu (di Indonesia). Pada saat zaman Presiden Soekarno, tidak setiap dekade bisa jadi tuan rumah. Ini sudah menjadi hal yang luar biasa,” katanya.

    Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Neng Nurcahyati mengatakan, sebagai salah satu tempat berlangsungnya pelaksanaan Asian Games 2018. Dari 51 daerah di Indonesia yang akan dilalui oleh pawai obor Asian Games, Banten diperkirakan akan dilintasi pada 9-10 Agustus mendatang.

    “Dari Provinsi Lampung kemudian ke Banten, bermula dari Merak, Cilegon, dan melintasi rute yang telah disiapkan. Kita akan melakukan rapat kembali dengan membahas kemungkinan rute yang akan dilalui dan berakhir di Museum Negeri Banten, Kota Serang,” tuturnya.

    Sumber : https://www.radarbanten.co.id/banten-siap-sambut-obor-asian-games/


    Tentang Kami


    Statistik Kunjungan