• Saturday, 17 November 2018
  • Lestarikan Budaya, Festival Lebaran Betawi Jadi Event Tahunan Tangsel


    Upaya masyarakat melestarikan budaya lokal banyak cara. Salah satunya menggelar event festival yang menginspirasi dan memperkenalkan budaya itu sendiri.

    ADE MAULANA – PONDOKAREN

    GERAKAN inilah yang terus dijalankan secara konsisten oleh Jajaran Lingkar Masyarakat Berbudaya Betawi Tangerang Selatan atau yang dikenal sebutan Lima Beta dengan menggelar festival Lebaran Betawi. Event keempat kalinya di kota yang memiliki tagline Cerdas, Modern, Religius itu akan berlangsung pada 6-8 Juli 2018 di kawasan Jurangmangu Barat, Kecamatan Pondokaren.

    Festival yang sudah berlangsung sejak 2015 lalu selalu ada warna baru di setiap gelaran. Nuansa budaya Betawi begitu terasa dan melekat bagi pengunjung yang hadir. Makanya di setiap kali festival berlangsung antusias warga selalu ramai, bukan sekadar masyarakat lokal atau sekitar, namun warga Betawi lainnya dari wilayah lain seperti Jakarta, Depok hingga Bogor.

    Ketua Panitia Festival Lebaran Betawi 2018 Rudy mengatakan, ini akan menjadi festival rutin warga Betawi Tangsel sebagai upaya melestarikan budaya dan kearifan lokal, khususnya budaya Betawi. ”Acara kaya gini itu penting bagi anak cucu kita yang tentunya sebagai pelestari budaya nenek moyang. Kegiatan seperti inilah sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan dan mempromosikan kebudayaan,” kata Rudy belum lama ini.

    Dijelaskan, festival Lebaran Betawi Tangsel akan diisi sejumlah acara menarik seperti pawai dan parade kesenian budaya Betawi. Termasuk 70 stand dan 20 kafe UMKM yang siap berpartisipasi dan meriahkan acara festival dengan suguhan kuliner khas Betawi dan lainnya. Di antaranya dodol Betawi, kerak telor, limun, bir pletok, dan lainnya. ”Jangan lupa ya, catat tanggalnya dan ramaikan festivalnya. Mari kita lestarikan bareng-bareng budaya ini. Kalau bukan kita siapa lagi,” jelasnya.

    Beragam lomba juga akan digelar, seperti lomba kasidah, lomba kaligrafi, rampak bedug dan lainnya. Kegiatan ini juga diisi Band Biang Kerok, Lenong dari Rempoa dan acara dipastikan semakin meriah dengan ulah komedian Narji yang siap menghibur dengan celotehan lucunya.

    Dijadwalkan, Menteri Pariwisata Arief Yahya, anggota DPR RI Ali Taher, Gubernur Banten Wahidin Halim, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, Wakil Walikota Benyamin Davnie, Kapolres Tangsel Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ferdy Irawan, Dandim 0506/Tangerang dan seluruh jajaran OPD di Kota Tangsel serta masyarakat luas rencananya akan menyaksikan berbagai atraksi dan mencicipi nikmatnya kuliner khas Betawi.

    Sumber : https://www.radarbanten.co.id/lestarikan-budaya-festival-lebaran-betawi-jadi-event-tahunan-tangsel/


    Tentang Kami


    Statistik Kunjungan