• Monday, 24 September 2018
  • Akhir Juli, Revitalisasi Banten Lama Dimulai


    Suasana Keraton Kaibon yang merupakan peninggalan sejarah ramai dikunjungi oleh wisatawan saat akhir pekan. FOTO: QODRAT/RADAR BANTEN

    SERANG – Pengerjaan revitalisasi Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, diminta untuk dipercepat. Langkah tersebut perlu dilakukan agar perencanaan pemugaran salah satu cagar budaya kebanggaan masyarakat Banten itu bisa terlaksana.

    Pada APBD 2018, alokasi anggaran revitalisasi Banten Lama sekira Rp100 miliar. Selain Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) pun turut serta dalam proses revitalisasi Banten Lama, yaitu membangun akses jalan dan normalisasi terhadap kanal kawasan Banten Lama dengan alokasi anggaran Rp100 miliar.

    Wakil Gubernur Andika Hazrumy mengatakan, progres revitalisasi Banten Lama saat ini sudah dilakukan lelang dan ada pemenang, tinggal dilakukan pelaksanaan pembangunan. “Harus segera dikerjakan. Saya sudah memberikan tenggat kepada Perkim (DPRKP-red) agar dilaksanakan pada pertengahan atau akhir Juli sudah mulai,” ujarnya kepada wartawan di gedung DPRD Provinsi Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, kemarin.

    Andika mengatakan, proses revitalisasi seharusnya tidak lagi tertunda. Selain proses lelang yang sudah selesai, dalam waktu dekat pedagang kaki lima (PKL) yang berada di zona inti sudah bisa direlokasi ke kawasan penunjang wisata (KPW) yang telah rampung dibangun Pemkot Serang. “Kemarin kami juga menunggu itu (relokasi PKL-red) dulu. Waktu itu kita mau bangun, tapi PKL belum bisa dipindahkan karena KPW-nya belum siap. Tapi, sekarang sudah bisa dipindah,” katanya.

    Andika menjelaskan, rencana pengerjaan revitalisasi Banten Lama meliputi pembenahan revitalisasi Alun-alun Banten Lama, area Surosowan dan plaza alun-alun. Untuk tahap awal ini, Andika mengaku fokus ke zona inti terlebih dahulu. “Utamanya dulu, (zona) intinya dulu karena kemarin sistemnya dalam kaitan lelang kita ambil design build. Jadi, pemerintah enggak pusing, tinggal anggarkan dan di-build (dibangun-red) oleh perencana dan juga para kontraktornya,” katanya.

    Terkait pengerjaan revitalisasi yang baru berjalan awal semester II tahun anggaran, Andika yakin pengerjaan bisa selesai tepat waktu. “Pokoknya untuk anggaran revitalisasi Banten Lama tahun ini Oktober atau November harus sudah selesai. Waktu pengerjaan lima bulan kalau tidak salah, dari kontrak lelang yang saya baca,” terangnya.

    Kepala DPRKP Provinsi Banten M Yanuar mengatakan, saat ini pengerjaan revitalisasi Banten Lama sudah memasuki tahap persiapan pengerjaan. “Sedang persiapan. Pokoknya 2 Desember harus sudah selesai. Kalau untuk plaza masjid 30 September sudah selesai,” pungkasnya. 

    Sumber : https://www.radarbanten.co.id/akhir-juli-revitalisasi-banten-lama-dimulai/


    Tentang Kami


    Statistik Kunjungan