• Tuesday, 17 July 2018
  • Pesilat Banten Akan Ikut Kejuaraan Silat di Thailand


    SERANG-Prestasi memukau pesilat putri remaja Banten, Yuliana Ganjarwati yang turun di kelas C putri (39 kilogram-42 kilogram) dengan meraih medali emas di Popnas XIV Jawa Tengah 2017, membuat Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Banten menaruh harapan besar terhadapnya. Untuk meningkatkan kualitas pengalaman serta jam terbang, Yuliana akan diterjunkan di event internasional, April nanti.

    Yuliana akan diberangkatkan ke Songkhla, Thailand, untuk tampil di kejuaraan dunia pencak silat junior yang bertajuk Junior World Pencak Silat Championship 2018 pada 23-29 April mendatang. Saat ini Yuliana yang notabene merupakan pesilat Kabupaten Tangerang menjalani pemusatan pelatihan di Padepokan IPSI Kabupaten Tangerang.

    Ketua Umum Pengprov IPSI Banten Ajat Sudrajat mengatakan, kualitas yang dimiliki Yuliana saat ini memberi harapan besar olahraga pencak silat Banten. Usianya yang masih remaja juga menjadi modal IPSI Banten menuai pretasi di berbagai event nasional yang akan datang. “Yuliana akan menjadi proyek besar kami untuk meraih prestasi emas di event-event nasional ke depan,” kata Ajat kepada Radar Banten, Rabu (14/3) lalu.

    Ajat menambahkan, keberangkatan Yuliana ke Thailand merupakan inisiatif pelatih dan Pengprov IPSI Banten. Itu lantaran ajang internasional sangat dibutuhkan Yuliana untuk mengembangkan kualitas individu dari segi pengalaman dan jam terbang. “Kami akan berkoordinasi dengan Dispora Banten untuk keberangkatan Yuliana ke Thailand. Bagaimana pun, saat ini Yuliana masih tercatat sebagai atlet pelajar Banten. Bahkan, Yuliana sukses mempersembahkan medali emas bagi kontingen Popnas Banten tahun lalu. Kami sangat berharap support penuh dari Dispora Banten karena ini aset Banten,” imbuhnya.

    Bantuan Dispora sangat dibutuhkan sebab Pengurus Besar (PB) IPSI tidak membiayai penuh kebutuhan atlet yang ingin ikut serta di event ini. “Kami belum tahu apa saja yang tidak ditanggung PB. Itu artinya Yuliana sangat membutuhkan bantuan Dispora Banten agar bisa bertanding dan menimba ilmu di ajang internasional,” harap Ajat.

    Sementara itu, Pelatih Pencak Silat Kabupaten Tangerang Satria Salam menyatakan, momen seperti kejuaraan internasional sangat dibutuhkan Yuliana dalam proses pembentukan mental dan pengalaman bertanding. “Dia kan masih remaja, jadi sangat butuh sekali banyak jam terbang baik di event nasional atau pun internasional. Kami melihat ajang ini sangat tepat untuk Yuliana menimba ilmu,” terangnya.

    Ia berharap, dukungan penuh dari semua pihak agar Yuliana dapat bertolak menuju Thailand. “Ini aset yang sangat berharga bagi pencak silat Banten. Tiga atau bahkan empat kali PON kedepan, Yuliana masih bisa tampil. Usianya saat ini masih 16 tahun, jadi masih panjang lah untuk berprestasi,” tandas Satria. 

    Sumber : https://www.radarbanten.co.id/pesilat-banten-akan-ikut-kejuaraan-silat-di-thailand/


    Tentang Kami


    Statistik Kunjungan