• Monday, 10 December 2018
  • Minat Baca Buku Cetak Menurun, Pemprov Buka Perpustakaan Online


    CILEGON – Minat baca warga Banten kini sudah mulai beralih dari buku ke online. Namun demikian belum dapat dinyatakan juga bahwa warga Banten gemar membaca.

    Hal itu diketahui saat Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Banten menggelar road show literasi budaya membaca yang berlangsung di aula Kampus Al-khairiyah, Kota Cilegon, Rabu (7/3).

    “Sebetulnya ada yang membaca buku langsung ada juga yang online. Warga kita ini gemar membacanya kurang,” ujar Abdul Majid, Kepala Bidang Pembinaan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Banten.

    Ia menjelaskan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Banten telah memiliki perpustakaan online yang sudah dapat digunakan oleh masyarakat melalui telepon genggam ataupun komputernya dengan menggunakan internet.

    “Websitenya kita ada dari dinas. Kalau tidak salah www.dpk.go.id. Tinggal di klik saja, insyaallah buku pelajaran mulai dari SD sampai perguruan tinggi ada,” tuturnya.

    Untuk menarik minat baca masyarakat, Majid mengaku bahwa pihaknya juga telah memiliki program silang layan. Program tersebut dapat membuat warga menukarkan buku lama miliknya sesuai buku yang dibutuhkan.

    “Kalau bukunya itu saja kan bosan. Jadi bawa bukunya tinggal pilih mau judulnya apa. Nanti kalau sudah tiga bulan bisa tuker lagi. Tempatnya di DPK provinsi Banten,” katanya.

    Ia menjelaskan road show yang digelar ini dilakukan diseluruh kota dan kabupaten yang ada di Banten. Kota Cilegon merupakan kota kedua yang dikunjungi setelah Kabupaten Serang beberapa waktu lalu.

    “Setiap kota dan kabupaten akan dikunjungi dua kali. Kenapa ini harus dilakukan? Karena kita sadar bahwa masyarakat kita ini masih malas untuk membaca,” ucapnya.

    Sumber : https://www.radarbanten.co.id/minat-baca-buku-cetak-menurun-pemprov-buka-perpustakaan-online/


    Tentang Kami


    Statistik Kunjungan