• Monday, 24 September 2018
  • Mandalawangi Layak Jadi Destinasi Wisata


    Sejumlah elemen masyarakat menilai wilayah Kecamatan Mandalawangi layak menjadi daerah tujuan wisata alam. Selain memiliki ikon wisata gunung, seperti Aseupan, Karang dan Pulosari (Akarsari) wilayah tersebut juga cukup menarik dijadikan destinasi wisata alam. Karena, akses jalan menuju wilayah tersebut mirip seperti puncak. Apalagi di kiri kanan jalan terdapat hamparan sawah dan pemandangan alam di lingkungan tiga Gunung Akarsari.

    Salah seorang pengunjung wisata alam Pulosari, Jajat menuturkan, tidak heran jika setiap akhir pekan banyak tamu wisata yang melintasi Jalan Mandalawangi. Selain medannya menantang untuk traveling, juga kondisi jalannya mulus. Apalagi selama di perjalanan, bisa melihat indahnya pemandangan gunung. Namun saja, lokasi tersebut belum tertata rapi, sehingga belum memberikan nuansa wisata yang sesungguhnya.

    “Ya, saat tamu wisata berada di jalan itu bisa mampir di sejumlah objek wisata. Bisa main ke pemandian Cikoromoy, wisata tirta air DM, dan lainnya. Tinggal bagaimana pemerintah untuk memoles jalur Mandalawangi secara maksimal. Jika di sepanjang jalan itu dilengkapi tempat kuliner, lokasi ini akan menjadi andalan wisata. Setiap akhir pekan banyak warga maupun tamu wisata yang mampir di lokasi Cibaru hanya untuk pamer pose. Karena di lokasi itu ada pemandangan indah, hamparan sawah dan pegunungan,” ujar Jajat kepada Kabar Banten, Jumat (9/2/2018).

    Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Pandeglang, E. Supriadi menuturkan, jalur Mandalawangi sepanjang 10 kilometer menuju wisata Carita sangat menggugah daya tarik wisatawan. Udaranya yang sejuk dan medan jalan menanjak membuat wisatawan merasa indah menikmati perjalanan sepanjang jalur Mandalawangi.

    Kepala Dinas Pariwisata Pandeglang, Salman Sunardi membenarkan jalur Mandalawangi sangat cocok untuk dijadikan daerah wisata alam. Di sepanjang jalur itu banyak objek wisata, seperti Citaman, Cikoromoy, Cibulakan, Cihunjuran dan bumi perkemahan Pulosari.

    “Ya, lokasinya sangat cocok jika dijadikan destinasi wisata alam. Apalagi daerah ini sudah terkenal dan sering dilintasi tamu wisata yang hendak ke Carita,” ucapnya. Meski demikian, lanjut Salman, butuh waktu untuk menata dan membangun jalur Mandalawangi sebagai jalur wisata alam. Perlu ada pembenahan infrastruktur dan pemenuhan fasilitas wisata di sepanjang jalur Mandalawangi,” ujarnya. 

    Sumber : https://www.kabar-banten.com/mandalawangi-layak-jadi-destinasi-wisata/


    Tentang Kami


    Statistik Kunjungan