• Thursday, 18 January 2018
  • RSUD Malingping Menuju Rumah Sakit Wisata


    PEMBANGUNAN Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Malingping, Kabupaten Lebak yang dikelola oleh Dinas Kesehataan Provinsi Banten, akhirnya rampung dikerjakan oleh PT Nindya Karya. Rencananya, rumah sakit empat lantai Tipe C ini akan diresmikan oleh Gubernur Banten Wahid Halim dan akan dioperasikan awal tahun ini. “Dalam waktu dekat insya Allah akan diresmikan oleh Pak Gubernur dan akan mulai beroperasi bulan ini juga,” ujar Direktur RSUD Malingping, dr Danang Hamsyah Nugroho kepada wartawan awal pekan lalu.

    Menurut Danang, dengan dilengkapi ruang bersalin, UGD, ruang operasi, ICU dan rawat inap, dengan kapasitas 100 tempat tidur, menjadikan RSUD Malingping menjadi rumah sakit terlengkap dan representatif di wilayah Banten Selatan. Dan akan melayani masyarakat Kabupaten Lebak dan Pandeglang dari mulai Kecamatan Banjarsari, Malingping, Cijaku, Cigemblong, Wanasalam, Panggarangan, Bayah, Cibeber hingga Kecamatan Cilograng yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat.

    Selama ini, menurut Danang, masyarakat di wilayah Banten Selatan cukup jauh untuk menjangkau RSUD Adjidarmo, Rangkasbitung dan RSUD Berkah, Pandeglang dengan jarak tempuh 75 kilometer. Akibatnya, banyak masyarakat Banten Selatan yang memilih berobat ke Sukabumi, Jawa Barat.
    Biaya pembangunan keseluruhannya mencapai Rp 54 miliar lebih. Dan untuk pembangunannya dilaksanakan oleh perusahaan PT Nindya Karya.

    Pembangunan gedung baru RSUD Malingping dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui ketersediaan sarana dan prasarana kesehatan yang lebih baik. Sejalan dengan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, Wahidin Halim dan Andika Hazrumy dalam bidang pelayanan kesehatan. ”Pembangunan gedung baru yang representatif ini seiring dengan program unggulan Pak Gubernur dan Pak Wakil Gubernur dalam bidang pelayanan kesehatan, untuk memenuhi rasio ideal jumlah tempat tidur dibandingkan jumlah penduduk,” tuturnya.

    Ia mengatakan, yang tidak kalah pentingnya adalah sesuai dengan misi RSUD Malingping, yakni menyelenggarakan pelayanan kesehatan berkualitas dan terjangkau, dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran yang memadai, serta meningkatkan pelayanan kesehatan melalui pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia). Selain itu, kehadiran gedung baru juga diharapkan dapat melayani wisatawan yang berkunjung ke Lebak Selatan sebagai salah satu destinasi pariwisata unggulan di Banten. Dengan visi menjadikan Rumah Sakit Malingping 2017- 2022 menjadi rumah sakit wisata, dengan pelayanan terdepan dan berkualitas yang melayani masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Banten Selatan.

    Terpisah, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) bangunan gedung baru RSUD Malingping, Sobran Yulindra menambahkan, peningkatan fasilitas sarana prasarana RSUD Malingping adalah sebagai upaya peningkatan pelayanan dan mutu pelayanan. Dengan melakukan penambahan fasilitas sarana prasarana, tenaga kesehatan, non kesehatan, sesuai standar dan penilaian akreditasi. Fasilitas pelayanan yang disertai penambahan pelayanan medis, seperti peningkatan pelayanan IGD, pelayanan kamar operasi 3 ruang, pelayanan intensif seperti ruang ICU dan NICU, Haemodialisa, dan penambahan ruang perawatan dengan 105 bed.

    Sumber : https://www.kabar-banten.com/rsud-malingping-menuju-rumah-sakit-wisata/


    Twitter


    Facebook


    Tentang Kami


    Statistik Kunjungan