• Monday, 24 September 2018
  • WH dan Anies Jajaki Kerjasama Pengelolaan Air


    Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang resmi menjabat Ketua Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi-Cianjur periode 2017-2020, menjajaki kerjasama pengelolaan air. Menurut Anies, banyak sungai yang melingkupi berbagai wilayah di Jabodetabekjur. Oleh karena itu perlu terobosan dalam hal pengelolaan air tersebut. Dia mencontohkan, contohnya masuk dari Tangerang keluar di Jakarta Barat nanti keluar lagi ke Tangerang Selatan masuk Jakarta Barat.

    “Jadi kalau kami hanya mengelola berdasarkan ego kewilayahan hanya mengurusi wilayahnya sendiri, tanpa koordinasi dengan yang lain. Maka, terobosan yang dilakukan bisa jadi tidak memiliki dampak yang diharapkan,” ujar Anis, seusai acara serah terima jabatan dari pejabat sebelumnya Gubernur Banten Wahidin Halim, di Pendopo Gubernur, KP3B, Kota Serang, Senin (8/1/2018). Selain pengelolaan air, BKSP juga akan dioptimalkan dalam kerja sama penataan transportasi. “Tapi tidak hanya itu, transportasi pun kami memiliki potensi untuk bisa dikerjasamakan,” ujarnya.

    Dalam kesempatan itu, ia juga mengajak kepada anggota BKSP untuk saling mendukung dalam mewujudkan pembangunan merata.”Ini bagian dari jobdesk-nya, tapi kami dari awal merasakan, tidak bisa wilayah yang berdekatan tidak saling support, tidak saling bekerja sama, saling bekerja sendiri-sendiri,” ujanya. Untuk meralisasikan rencananya itu, Anies akan menyiapkan langkah-langkah untuk mengaktifkan kinerja BKSP Jabodetabekjur. Salah satunya, menjadikan BKSP sebagai forum komunikasi.”BKSP menjadi tempat forum Komunikasi, forum clearing house di mana setiap ada masalah yang perlu penyelesaian lintas sektor bisa dibicarakan dan bisa dicarikan solusi bersama,” tuturnya.

    Gubernur Banten, Wahidin Halim, mengatakan, terdapat pembangunan salah satu proyek strategis nasional (PSN) terkait dengan pengelolaan air, yaitu Waduk Karian di Kabupaten Lebak dan Waduk Sindangheula.”Distrubusinya bukan hanya untuk masyarakat Banten tapi juga sampai ke DKI Jakarta,” tuturnya. Ia berharap, peralihan kepemimpinan BKSP bisa menjadikan kerja sama lintas sektor 3 provinsi menjadi lebih baik. Menurutnya, kerja sama dalam hal pengoperasian Kereta Bandata Soekarno Hatta bisa ditingkatkan. “Moda trasnportasi itu mempermudah aktivitas warga dari Banten menuju Jakarta dan sebaliknya,” ucapnya.

    Sumber : https://www.kabar-banten.com/wh-dan-anies-jajaki-kerjasama-pengelolaan-air/


    Tentang Kami


    Statistik Kunjungan