• Wednesday, 13 December 2017
  • Mulai 2018, Bantuan Prolisdes Dilanjutkan


    SERANG - Pemerintah Provinsi Banten akan melanjutkan program listrik perdesaaan (prolisdes) pada tahun 2018 untuk warga kurang mampu, sekitar 10 ribu satuan sambungan rumah.
    Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Banten Eko Palmadi, mengatakan pihaknya sudah mengajukan anggaran untuk prolisdes pada 2018 untuk sekitar 15 ribu satuan sambungan.

    Namun dalam RAPBD Banten 2018 sudah disetujui hanya untuk 10 ribu satuan sambungan. “Kita memang mengajukannya 15 ribu sambungan seperti tahun sebelumnya, namun yang disetujui hanya sekitar 10 ribuan. Mudah-mudahan tidak berubah lagi,” kata Eko Palmadi, Selasa (10/10/2017)..

    Menurutnya, prioritas program listrik pedesaan tersebut untuk tahun 2018 dialokasikan bagi daerah-daerah yang warganya belum memiliki sambungan listrik di wilayah Banten Selatan. “Prioritasnya untuk Lebak dan Pandeglang, karena dua daerah itu paling banyak warga yang belum menikmati listrik,” kata Eko.

    Ia mengatakan, selama ini rata-rata program listrik pedesaan setiap tahun hanya sekitar 15 ribuan sambungan rumah untuk dialokasikan ke daerah-daerah yang masih banyak warganya belum memiliki sambungan listrik. “Program ini sepertinya masih beberapa tahun lagi, karena kan perkembangan penduduk bertambah terus. Jadi jumlahnya dinamis,” kata Eko.

    Namun demikian, hingga saat ini masih ada sekitar 140 ribu warga Banten yang belum menikmati listrik, terutama di daerah-daerah pelosok yang belum terjangkau serta kemampuan warganya terbatas untuk mendapatkan listrik dari PLN. “Walapun masih banyak yang belum menikmati listrik, rasio elektrifikasi di Banten sudah diatas rata-rata nasional,” katanya. Dalam program listrik desa tersebut, kata dia, setiap warga atau setiap satuan sambungan rumah mendapatkan subsidi anggaran untuk memperoleh sambungan listrik tersebut masing-masing Rp1 juta. 

    Sumber : http://www.kabar-banten.com/mulai-2018-bantuan-prolisdes-dilanjutkan/


    Twitter


    Facebook


    Tentang Kami


    Statistik Kunjungan