• Wednesday, 13 December 2017
  • Banten Culture Festival 2017 – Dari Tanah Jawara Untuk Daerah Istimewa Yogyakarta


    Yogyakarta - Mahasiswa asal Banten di Yogyakarta yang tergabung dalam Keluarga Banten Yogyakarta (KBY) bekerjasama dengan Badan Penghubung Daerah Provinsi Banten menyelenggarakan Banten Culture Festival (BCF) pada Sabtu 9 September 2017. Acara yang bertema "Dari Tanah Jawara Untuk Daerah Istimewa  Yogyakarta" ini digelar di Monumen Serangan Umum 1 Maret, D.I Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang ditujukan sebagai ajang promosi Seni budaya yang dilakukan oleh Badan Penghubung Daerah Provinsi Banten dan Mahasiswa asal Banten di luar daerah.

    Hadir pada acara ini Sekda Provinsi Banten Bapak H. Ranta Soeharta, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten ibu Eneng Nurcahyati, Plt Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Banten ibu Triasgani Purbasari dan pimpinan Bank Banten wilayah bagian Jawa bapak Herlambang.

    Acara dimulai dari sore hari dengan Performance musik. Acara dilanjut kembali pada pukul 19.30 WIB yang diawali dengan sambutan dari Ketua Keluarga Banten Yogyakarta  (KBY) dilanjut dengan sambutan dari Sekda Provinsi Banten. Dalam sambutannya Beliau mengapresiasi Acara yang digelar oleh Mahasiswa Asal Banten di Yogyakarta ini, Beliau berharap dengan diadakannya acara ini selain untuk mempromosikan Budaya Banten juga semoga makin memperkuat tali silaturahmi antara Banten dan Yogyakarta.

    Acara resmi dibuka dengan memukul Beduk yang dilakukan bersama-sama oleh Sekda Provinsi Banten, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Pimpinan Bank Banten wilayah bagian jawa dan Ketua KBY. Pemukulan Beduk bersama-sama ini menandakan bahwa Banten Culture Festival 2017 resmi dibuka.

    Berbagai kebudayaan Banten ditampilkan dalam acara ini, seperti rampak bedug, tari jawara jawari, tari Jalu jeung Bikang, silat, debus yang dibawakan oleh sanggar seni Saung Cikondang Harum Sari Pandeglang, performance UT Etnic dan sejumlah pertunjukan lain. Selain Seni Budaya khas Banten, pada acara ini juga menampilkan musik dan Tarian khas Daerah Nusantara yang dibawakan oleh mahasiswa  asal daerah lain di Yogyakarta. Tampil Pula pertunjukan seniman Marlioboro, art Perfomance dan musik performance lainnya.

    Selain tampilan seni Budaya khas Banten, terdapat pula stand Bank Banten dan Stand Asipa Provinsi Banten  yang menyediakan pernak pernik Baduy-Banten  seperti lomar/ikat Kepala Baduy, tas Koja, kain batik Baduy, kain tenun Baduy, gantungan kunci dan produk unggulan khas Banten-Baduy  lainnya.

    Menjelang penghujung acara Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten juga memperkenalkan Branding 7 Wonders Of Banten kepada Penonton di Yogyakarta. Beliau menjelaskan keindahan tujuh tempat wisata yang wajib dikunjungi di Banten yang bisa dinikmati dan tak kalah indahnya dengan Yogyakarta, dilanjutkan penampilan dari Boonkpaper band asal kabupaten Pandeglang sekaligus menutup seluruh rangkaian acara BCF 2017.


    Twitter


    Facebook


    Tentang Kami


    Statistik Kunjungan