• Sunday, 18 February 2018
  • Sumber Daya


    Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, hingga tahun 2017, Badan Penghubung Daerah Provinsi Banten didukung oleh 45 orang pegawai yang terdiri dari 26 orang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN), dan 22 orang Tenaga Kerja Sementara (TKS). Dari 25 orang pegawai yang berstatus ASN terdistribusi dalam 2 orang pegawai,dengan golongan ruang IV, 20 orang pegawai dengan golongan ruang III, serta 4 orang pegawai dengan golongan ruang II.

    Berdasarkan jumlah jabatan struktural, hingga tahun 2017 dari 5 eselon yang tersedia telah terisi sepenuhnya, dimana hal ini mencerminkan tugas-tugas pada satuan organisasi telah terdistribusi secara optimal. Hingga tahun 2017, Kepala Sub Bagian/Sub Bidang membawahi 10 pelaksana yang berstatus ASN,  Sub Bidang Fasilitasi Penyelanggaran Pemerintah Daerah dengan 4 (empat) orang staf berstatus ASN,  Sub Bidang Fasilitasi Pelayanan Masyarakat 3 (tiga) orang staf berstatus ASN dan Sub Bidang Fasilitasi Promosi 4 (empat) orang berstatus ASN, Kondisi tersebut dirasakan kurang mendukung pencapaian efektifitas  terhadap pelaksanaan tugas pada tataran eselon IV, khususnya bila dikaitkan dengan beban tugas yang ada maupun kebutuhan dan keanekaragaman koordinasi, kerjasama dan pembinaan lembaga dan aktifitas promosi daerah yang perlu difasilitasi dan diselenggarakan setiap tahunnya.

    Tabel 2.2.1

    Jumlah dan Distribusi Pegawai Badan Penghubung

    Daerah Provinsi Banten Menurut Golongan Ruang Tahun 2017

     

    NO.

    GOLONGAN RUANG

    JUMLAH PEGAWAI

    KET

    (Orang)

    1

    2

    3

    4

    1

    IV/E

    -

     

    2

    IV/D

    -

     

    3

    IV/C

    -

     

    4

    IV/B

    1

     

    5

    IV/A

    2

     

    6

    III/D

    5

     

    7

    III/C

    2

     

    8

    III/B

    7

     

    9

    III/A

    5

     

    10

    II/D

    2

     

    11

    II/C

    1

     

    12

    II/B

    1

     

    13

    II/A

    -

     

    14

    I/D

    -

     

    15

    I/C

    -

     

    16

    I/B

    -

     

    17

    I/A

    -

     

     

    JUMLAH

    26

     

     

     

                Dengan keterbatasan jumlah pegawai di lingkungan Badan Penghubung, masih perlunya pengembangan Sumber daya untuk mendukung kinerja teknis Badan Penghubung sehingga diperlukan  tantangan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi di masa mendatang, dengan demikian dibutuhkannya peningkatan kompetensi pegawai untuk mendukung peranan Badan Penghubung yang begitu komplek, baik melalui peningkatan status pendidikan maupun keahlian fungsional, sedangkan pada bidang kesekertariatan diperlukan juga peningkatan kemampuan perencanaan pembangunan, keuangan, kepegawaian, manajerial dan komunikasi.

     

                Pada tahun 2017 Jumlah dan Distribusi Pegawai Badan Penghubung  Daerah menurut tingkat pendidikan :

    Tabel 2.2.2

    Jumlah dan Distribusi Pegawai Kantor Penghubung

    Provinsi Banten Menurut Tingkat Pendidikan Tahun 2013

     

    NO. 

    TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL

    JUMLAH PEGAWAI

    (Orang)

    KET

    1

    2

    3

    4

    1

    DOKTORAL (S3)

    -

     

    2

    MAGISTER (S2)

    4

     

    3

    SARJANA (S1)

    18

     

    4

    DIPLOMA/AKADEMI (DIII)

    1

     

    5

    SMU/SMK

    3

     

    6

    SMP

    -

     

    7

    SD

    -

     

     

     JUMLAH

    26

     

     

     

    Sarana dan Prasarana merupakan salah satu faktor yang menjamin kelancaran dan keberhasilan penyelenggaraan tugas dan fungsi Badan Penghubung Daerah Provinsi Banten. Keberadaan kantor dan Wisma Banten berlokasi di Jalan Tebet Timur Raya No. 51, sedangkan  Anjungan Daerah berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah. Kedudukan dan kondisi kantor tersebut dirasakan sangat penting sebagai front office, sebagai Duta Banten di Jakarta, etalase, show windows Banten di Jakarta, keberadaan  tersebut secara rasional dapat berpengaruh terhadap  pencitraan Pemerintah Provinsi Banten di Jakarta sebagai pusat Ibu Kota Negara .

    Badan Penghubung Daerah Provinsi Banten adalah wakil Banten di Jakarta diperlukan kerjasama  stakeholders/lembaga Pemerintan Daereah Provinsi, Kabupaten/Kota, Pemerintah Pusat dan Pihak Swasta.

                Keberadaan  kantor saat ini, terdiri dari ruang utama yang meliputi ruang kerja 1 (satu) Sub Bag Tata Usaha, 3 Sub Bidang, Ruang Rapat, Media Center, Loby, 2 toilet, 7 Kamar Wisma lantai 2, Ruang Makan Besement, Toilet, Pantry, Ruang Pimpinan, Mushola, Teras, Gudang, pos satpam, taman, dan termasuk tempat parkir roda 2 (dua) dan Roda 4 (empat) yang memuat 12 (dua belas) kendaraan. Disamping itu, dalam rangka penyelenggaraan pelayanan, tersedia perpustakaan mini serta perangkat audiovisual (TV, VCD, in focus, handy came, dan wireless tape).

                Sebagai daya dukung kelancaran pelaksanaan tugas aparatur, sarana penunjang operasionalnya  juga perlu diperhatikan,  hal ini dianggap penting karena kelancaran dan efesiensi penyelenggaraan tugas dan fungsi yang mencakup administrasi, kearsipan, perencanaan maupun pelayanan sangat membutuhkan dukungan perangkat komputer, baik yang bersifat hardware maupun software. Di samping itu terdapat pula harapan untuk mengembangkan sistem komputerisasi dalam penyelenggaraan berbagai pelayanan pada Badan Penghubung Daerah Pemerintah Daerah Provinsi Banten di masa mendatang.

                Berdasarkan kondisi saat ini, jumlah perangkat komputer dan laptop yang tersedia kurang maksimal untuk mendukung pelaksanaan kegiatan, dimana bila dibandingkan dengan jumlah pegawai ASN yang berjumlah 26 orang. Dari jumlah sarana yang ada, hampir rata-rata kondisinya sudah kurang baik (rusak),  termasuk kondisi printer.

                Selanjutnya dalam mendukung kebutuhan mobilisasi dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi Badan Penghubung Daerah Provinsi Banten dan pelayanan fasilitasi pimpinan, hingga tahun 2017  tersedia sebanyak 9 (sembilan) unit kendaraan roda dua (sepeda motor) dan 6 (enam)  unit kendaraan roda empat (Inova, Toyota Kijang, Avanza, Xenia, Toyota HIace). Keberadaan kendaraan roda empat, dalam masa-masa tertentu dirasakan kurang mencukupi.  

     

    Adapun daftar dan kondisi sarana Kendaraan Dinas aparatur di Badan Penghubung Daerah Provinsi Banten hingga Tahun Anggaran 2017 adalah sebagai berikut  :

    Tabel 2.2.3

    Daftar Kendaraan Roda 2 Sarana dan Prasarana

        Badan Penghubung Daerah Provinsi Banten

     

    NO

    NAMA/JENIS BARANG

    JUMLAH

    KONDISI

    KET

    1.

    Kendaraan Roda 2 Honda Supra

    1

    Baik

    Tahun 2003

    2

    Kendaraan Roda 2 Honda NF 125 TD

    3

    Baik

    Tahun 2007

    3

    Kendaraan Roda 2 Honda Vario

    1

    Baik

    Tahun 2009

    4.

    Kendaraan Roda 2 Honda Mega Pro

    1

    Baik

    Tahun 2009

    5.

    Kendaraan Roda 2 Honda EF02N 12M2 A/T

    3

    Baik

    Tahun 2015

     

     

     

    Tabel 2.2.4

    Daftar Kendaraan Roda 4 Sarana dan Prasarana

        Badan Penghubung Daerah Provinsi Banten

     

    NO

    NAMA/JENIS BARANG

    JUMLAH

    KONDISI

    KET

    1.

    Kendaraan Roda 4 Toyota Kijang Super KF 83 Long

    1

    Baik

    Tahun 2003

    2.

    Kendaraan Roda 4 Toyota Kijang Inova Type E

    1

    Baik

    Tahun 2008

    3.

    Kendaraan Roda 4 Toyota Avanza Type E

    1

    Baik

    Tahun 2008

    4.

    Kendaraan Roda 4 Daihatsu Xenia Type R

    1

    Baik

    Tahun 2013

    5.

    Kendaraan Roda 4 Toyota Hi Ace

    1

    Baik

    Tahun 2014

    6.

    Kendaraan Roda 4 Toyota Kijang Inova Type G A/T

    1

    Baik

    Tahun 2016

     

     

     


    Twitter


    Facebook


    Tentang Kami


    Statistik Kunjungan