Profil PPID

  1. Selamat Datang di PPID Pembantu Badan Penghubung Daerah Provinsi Banten

    Hak atas informasi adalah salah satu hak asasi manusia, ketersediaan informasi sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia,  tanpa informasi, manusia tidak akan mampu mengambil keputusan akan suatu hal, ketersediaan informasi akan mampu memberikan pertimbangan bagi manusia untuk mengambil keputusan rasional, oleh karenannya, informasi harus dapat diperoleh oleh setiap orang.

    Terbitnya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi  Publik,  layak  mendapat apresiasi  positif karena menjadi landasan  huku bagi setiap orang untuk hak atas informasi, sekalipun dalam beberapa hal, undang-undang ini  memiliki keterbatasan

    Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik mengatur bahwa hanya warga negara Indonesia dan lembaga-lembaga negara yang memiliki hak atas keterbukaan informasi publik. Undang –Undang Keterbukaan Informasi  menjamin hak setiap warga negara untuk (i) mencari; (ii) memperoleh; (iii) memiliki; (iv) menyimpan; (v) mengelola; dan (vi) menyampaikan informasi.

    Pemberlakuan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik  merupakan momentum penting dalam mendorong keterbukaan di Indonesia. Undang-Undang ini telah memberikan landasan hukum terhadap hak setiap orang untuk memperoleh Informasi Publik, dimana setiap Badan Publik mempunyai kewajiban dalam menyediakan dan melayani permohonan Informasi Publik secaracepat, tepatwaktu biaya ringan dan secara sederhana.

    Pada hakekatnya, pelayanan  informasi publik adalah pemberian layanan kepada pemohon Informasi Publik secara cepat, tepat waktu, biaya ringan/propisional dan cara sederhana, pengecualian  Informasi Publik bersifat  ketat  dan  terbatas.  Kewajiban  Badan  Publik untuk memenuhi sistem   dokumentasi  dan  pelayanan  informasi.

    Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Badan Penghubung Daerah Provinsi Banten dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan layanan informasi publik di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten sesuai dengan yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

       

          MOTTO PPID

        - Kebutuhan Informasi gerbang terciptanya badan publik yang bersih dan partisipasif;

          - Masyarakat berhak atas informasi yang benar dan mempergunakannya secara cerdas dan bertanggungjawab.

         


    VISI MISI

    VISI :

    Visi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemerintah Provinsi Banten adalah Mewujudkan Pelayanan Informasi Publik Yang Prima Menuju Good Governance

     MISI :

       Misi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemerintah Provinsi Banten adalah sebagai berikut:

    1. 1. Meningkatkan keterbukaan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan
    2. 2. Meningkatkan Aksebilitas masyarakat terhadap informasi publik
    3. 3. Membangun dan Mengembangkan sistem pelayanan informasi publik
    4. 4. Meningkatkan kualitas SDM pengelolaan dan pelayanan informasi publik
    5. 5. Meningkatkan sinergitas dengan pemangku kepentingan dalam meningkatkan aksebilitas masyarakat terhadap informasi publik 


    TUGAS PPID PEMBANTU

                            1.      Mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi dari SKPD Lingkungan Pemerintah Povinsi Banten;

                  2.      Menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan dan memberi pelayanan informasi kepada publik;

                  3.      Melakukan verifikasi bahan informasi publik;

                  4.      Melakukan pemutakhiran informasi dan dokumentasi;

                  5.      Menyediakan informasi dan dokumentasi untuk diakses oleh masyarakat;

                  6.      Melakukan inventarisasi informasi yang dikecualikan untuk dilakukan uji konsekuensi oleh Tim Pertimbangan;

                  7.      membuat laporan pelayanan informasi.

     

    FUNGSI PPID PEMBANTU :

                 1.      Penghimpunan informasi publik dari SKPD/Unit Kerja di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten;

                 2.      Penataan dan penyimpanan informasi publik yang diperoleh dari SKPD/Unit Kerja di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten.


    STRUKTUR PPID PEMBANTU

     Klik Disini


        SK PENGELOLA PEJABAT PPID PEMBANTU

         Klik disini


    WAKTU PELAYANAN INFORMASI
    Dalam memberikan layanan informasi kepada pemohon informasi PPID menetapkan waktu pemberian Pelayanan Informasi Publik. Pada Badan Penghubung Daerah Provinsi Banten penyelenggaraan Pelayanan Informasi Publik dilaksanakan pada :

    Senin s/d Kamis : 09.00 - 15.00 WIB 
    Istirahat : 12.00 - 13.00 WIB 

    Jum'at : 09.00 - 15.30 WIB 
    Istirahat : 11.00 - 13.30 WIB

     

    INFORMASI TENTANG HAK DAN TATA CARA MEMPEROLEH INFORMASI PUBLIK

    Klik disini



    INFORMASI TATA CARA PENGAJUAN KEBERATAN

    Klik disini



    PROSES PENYELESAIAN SENGKETA INFORMASI PUBLIK

    Klik disini



    FORMULIR DAN TANDA TERIMA PERMOHONAN INFORMASI PUBLIK 

    Klik disini


    FORMULIR KEBERATAN

    Klik disini


    BUKU REGISTER PERMOHONAN INFORMASI PUBLIK

    Klik disini


    RINGKASAN LAPORAN AKSES INFORMASI PUBLIK

    Klik disini



    BADAN PENGHUBUNG DAERAH PROVINSI BANTEN
    Alamat: Jl. Tebet Timur Raya No.51 Jakarta Selatan
    Telp: (021) 83700282
    Fax: (021)  83704336
    Email: ppid.penghubungbantenprov@gmail.com

    Website: https://penghubung.bantenprov.go.id/

     

Share :

Add New Comment

 Your Comment has been sent successfully. Thank you!   Refresh
Error: Please try again